Jabar diguyur hujan hingga Maret

Jum'at, 31 Januari 2014 - 18:07 WIB
Jabar diguyur hujan hingga Maret
Jabar diguyur hujan hingga Maret
A A A
Sindonews.com - Puncak musim hujan di Jawa Barat diprediksi sudah selesai pada Januari ini. Tapi demikain diprediksi hujan masih akan mengguyur Jawa Barat hingga Maret mendatang.

"Berdasarkan perkiraan, pada Februari intensitas hujan relatif menurun. Tapi pada Maret hujan juga masih terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat dengan intensitas yang kecil," kata pengamat BMKG Klas I Bandung, Muhamad Iid Mujtahiddin, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/1/2014).

Pada periode Desember hingga Januari, intensitas hujan di sejumlah daerah cukup tinggi, bahkan bisa dikatakan di atas normal. Beberapa daerah itu di antaranya Majalengka, Sukabumi, dan Kuningan.

"Intensitasnya bisa di atas 500 mm per bulan," ungkapnya. Tapi di beberapa daerah lain, intensitas hujan ada pada kisaran 300-400 mm per bulan.

Pada Februari, hujan dengan intensitas tinggi diprediksi masih akan terjadi di beberapa daerah, salah satunya di Purwakarta. Di sana intensitas hujan diperkirakan di atas 500 mm per bulan.

Sedangkan daerah lain di bawah itu. Bandung dan Bogor misalnya, diprediksi intensitas hujannya di bawah 400 mm per bulan.

Pada Maret, intensitas hujan di Jawa Barat diprediksi lebih menurun. Rata-rata intensitasnya pada kisaran 200-300 mm per bulan. Sedangkan musim kemarau baru terjadi pada April hingga November.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1772 seconds (0.1#10.140)