Banyak bencana, warga Tionghoa tak gelar kirab budaya

Jum'at, 31 Januari 2014 - 16:03 WIB
Banyak bencana, warga...
Banyak bencana, warga Tionghoa tak gelar kirab budaya
A A A
Sindonews.com - Perayaan Imlek di Kota Bandung dalam tiga tahun terakhir selalu diramaikan dengan Kirab Budaya Cap Go Meh. Kirab budaya ditampilkan dua pekan usai Imlek.

Dalam Kirab Budaya, ditampilkan atraksi barongsai, liong, serta berbagai atraksi lainnya. Para pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Jalan Cibadak jadi lokasi berkumpulnya para peserta kirab. Mereka kemudian konvoi ke sejumlah jalan di Kota Bandung. Meski membuat arus lalu lintas tersendat, kirab selalu disambut antusiasme warga.

"Tapi untuk tahun ini, di Bandung tidak ada Kirab Budaya," ujar relawan Vihara Dharma Ramsi, Erick Mintarja, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/1/2014).

Pertimbangannya, saat ini di Indonesia banyak terjadi musibah dan bencana alam. "Daripada buat pesta seperti itu, lebih baik disumbangkan ke saudara kita yang tertimpa bencana," ungkapnya.

Selama ini, pelaksanaan Kirab Budaya menelan biaya cukup mahal. Erick sendiri membenarkan hal itu meski tidak tahu persis berapa anggarannya. "Biayanya berasal dari urunan," jelasnya.

Hal serupa akan dilakukan, tapi uang yang terkumpul akan disalurkan ke korban bencana. "Nanti kita himpun," ucapnya.

Untuk tahun ini, umat Tionghoa hanya beribadah untuk menyambut pergantian tahun. Peribadatan dilaksanakan kemarin malam dan hari ini.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)