Pelabuhan Parepare roboh, kelalaian pihak otoritas

Kamis, 26 Desember 2013 - 11:43 WIB
Pelabuhan Parepare roboh, kelalaian pihak otoritas
Pelabuhan Parepare roboh, kelalaian pihak otoritas
A A A
Sindonews.com - Pihak kepolisan Resort Kota Pareare, Sulawesi Selatan, masih melakukan penyelidikan ambruknya Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung.

Untuk mengetahui penyebab pasti ambruknya dermaga tersebut, penyidik memeriksa sejumlah saksi, termasuk nahkoda Kapal Motor (KM) Mentari Persada yang menabrak dermaga.

Berdasarkan informasi awal yang didapatkan oleh pihak kepolisian, penyebab ambruknya Dermaga Cappa Ujung diakibatkan oleh KM Mentari Persada asal Makassar yang pada Senin 23 Desember 2013 malam, tiba-tiba saja menabrak dermaga akibat kehilangan kendali saat kapal itu disapu oleh tiupan angin kencang.

Selain memeriksa sejumlah saksi, polisi juga mengamankan kapal yang kini berlabuh di sekitar 30 mil laut dari arah Pelabuhan Cappa Ujung, pasca menabrak dermaga. Kapal yang bermuatan petikemas itu mengalami rinsek di lambung bagian kanan.

Kapolres Parepare AKBP Himawan Sugeha mengungkpakan, pihaknya menduga bahwa salah satu penyebab ambruknya dermaga akibat adanya unsur kelalaian dari pihak otoritas pelabuhan dan nahkoda kapal tersebut.

Selain pihak kepolisian, pihak otoritas pelabuhan sendiri juga telah melakukan penyelidikan internal melalui Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP). Pihaknya kini masih melakukan penyelidikan penyebab ambruknya dermaga.

Untuk menjaga kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan, sejumlah aparat kepolisian masih disiagakan di lokasi kejadian dan hingga saat polisi belum menetapkan satupun tersangka dalam kasus ambruknya Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung Parepare ini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3687 seconds (0.1#10.140)