Depo Pertamina Bandara Adi Soemarmo terbakar

Senin, 23 Desember 2013 - 16:31 WIB
Depo Pertamina Bandara Adi Soemarmo terbakar
Depo Pertamina Bandara Adi Soemarmo terbakar
A A A
Sindonews.com - Tangki Depo Pertamina Adi Soemarmo Boyolali terbakar. Kebakaran berawal ketika mobil pengisi bahan bakar pesawat terbang yang sedang melakukan pengisian tangki terbakar. Belum diketahui sebab pasti terjadinya kebakaran.

Tidak lama setelah api menyambar ke sejumlah bangunan, petugas pemadam kebakaran langsung tiba di lokasi kejadian. Para petugas pemadam kebakaran portabel yang berada di Depo Pertamina tersebut langsung bergerak cepat.

Dua alat pemadam kebakaran beroda tersebut langsung disemprotkan oleh petugas depo ke sumber api. Akan tetapi dua alat pemadam kebakaran tersebut tidak mampu memadamkan api, bahkan kebakaran justru semakin membesar.

Tidak lama kemudian, sirine tanda bahaya berbunyi semakin kencang, dan kepanikan para petugas lapangan semakin tidak terhindarkan. Petugas depo langsung meminta bantuan mobil Pemadam Kebakaran milik PT Angkasa Pura yang lokasinya cukup berdekatan dengan depo tersebut.

Tidak sampai lima menit dua unit, mobil pemadam kebakaran telah sampai di lokasi kejadian. Para petugas langsung melakukan pemadaman api yang semakin membesar dan hampir menghabiskan truk tangki pengangkut aftur untuk pesawat terbang tersebut.

Setelah berjuang keras, akhirnya petugas bisa memadam api sebelum merembet ke pipa dan tangki di depo tersebut. Patugas juga berhasil mengevakuasi korban yang saat itu pingsan akibat banyaknya asap saat kebakaran berlangsung.

Runtutan kejadian tersebut, merupakan simulasi yang dilakukan oleh petugas Pertamina untuk menghadapi bencana kebakaran. Sehingga tidak ada korban jiwa maupun korban material yang disebabkan oleh kejadian tersebut.

Operation Head Depo Pertamina Pengisian Pesawat Udara Adi Soemarmo Arnaya Gula mengatakan, simulasi tersebut dilakukan agar jika terjadi kebakaran para petugas siap dan mengerti apa yang harus dilakukan. Hal ini untuk menekan kerugian moril maupun material.

“Ya ini merupakan simulasi untuk mnanggulangi bencana kebakaraan. Dengan pelatihan seperti ini diharapkan para petugas bisa bekerja dengan baik saat bencana terjadi,” terangnya.

Meskipun demikian, pihaknya berharap agar kejadian tersebut tidak pernah terjadi. Pasalnya selama ini, kata Arnaya, belum ada kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina. Itu semua karena para petugas melakukan tugasnya sesuai dengan standar operasional.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura Bandara Internasiona Adi Soemarmo Kol (Pnb) Abdullah Usman menyebutkan, saat ini pihaknya memiliiki tiga unit mobil pemadam kebakaran yang siap 24 jam. Mobil tersebut siap diterjunkan jika dibutuhkan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7160 seconds (0.1#10.140)
pixels