Panwaslu Solo rekrut ribuan relawan

Jum'at, 13 Desember 2013 - 19:05 WIB
Panwaslu Solo rekrut ribuan relawan
Panwaslu Solo rekrut ribuan relawan
A A A
Sindonews.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo, Jawa Tengah memanfaatkan tenaga muda Kota Bengawan dalam mengawasi kegiatan Pemilu 2014. Rekrutmen relawan dimulai pekan depan untuk dipersiapkan bekerja di 1.391 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta mengatakan, penggunaan tenaga muda menjadi opsi realistis. Ketersediaannya di Kota Solo melimpah, serta masing-masing memiliki idealisme kuat guna mendampingi proses pemilu yang berkualitas.

Para relawan ini bertugas mengawasi proses pemilu legislatif dan pemilihan presiden pada tahun depan. Untuk memulai tahapan rekrutmen relawan, Panwaslu membekali diri dengan ‘sistem pengawasan pemilu’.

“Setelah sistem ini resmi berjalan, maka proses rekrutmen tenaga relawan yang bertugas mengawasi berlangsungnya pemilu akan dilakukan pekan depan,” ungkap Sumanta, Jumat (13/12/2013).

Sumanta meyakini mampu mendulang relawan dalam rekrutmen yang dibuka hari ini sampai hari pencoblosan. Adapun jumlah kebutuhan disesuaikan jumlah TPS sebanyak 1.391 lokasi.

Pola perekrutan relawan dilakukan secara bertahap, mulai seleksi umur, status pendidikan, hingga kesiapan calon relawan untuk terjun dalam mengawasi jalannya Pemilu.

“Yang berminat menjadi relawan pemilu harus memenuhi segala persyaratan. Minimal lulusan Sekolah Menengah Keatas (SMA), berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah,” ujar Sumanta.

Diungkapkan Sumanta, penempatan tugas relawan pemilu akan dilakukan serentak, saat momentum pencoblosan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5508 seconds (0.1#10.140)