Pendaftaran SNMPTN online bisa dilakukan di kecamatan

Kamis, 12 Desember 2013 - 09:47 WIB
Pendaftaran SNMPTN online bisa dilakukan di kecamatan
Pendaftaran SNMPTN online bisa dilakukan di kecamatan
A A A
Sindonews.com - Pendaftaran SNMPN 2014 akan dilakukan secara online. Dalam hal ini, Kemendikbud menggaet PT Pos dan PT Telkom, untuk mendukung layanan pendaftaran online tersebut.

Direktur Utama PT Pos Budi Setiawan mengatakan, pihaknya memanfaatkan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) yang ada di setiap kantor pos. Setiap kantor pos memiliki empat hingga lima komputer yang bisa dipakai untuk pendaftaran SNMPTN.

"Di kantor pos ada yang namanya PLIK, itu bisa dipakai, ada empat atau lima PC, itu free bisa dimanfaatkan (untuk pendaftaran SNMPTN) tanpa pungutan apapun," kata Budi, di Hotel Grand Royal Preanger, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 11 Desember 2013 malam.

Di Indonesia, kantor pos yang sudah memiliki PLIK ada sekira 430 lokasi yang tersebar di 430 kecamatan. Jumlah itu hanya ada di kawasan Indonesia bagian barat. Sementara untuk Indonesia bagian timur, kantor posnya belum memiliki PLIK.

Untuk mendukung kelancaran SNMPTN 2014 yang pendaftarannya menggunakan sistem online, PT Pos secara khusus akan membuka akses PLIK di 3.400 kantor pos di kawasan Indonesia bagian timur. "Di Indonesia Timur memang kita akan buka akses khusus," ungkap Budi.

Dengan cara seperti itu, setiap kantor pos di Indonesia bagian timur nantinya akan memiliki PLIK. Tapi permasalahannya, jumlah PC atau komputer di kantor pos di Indonesia bagian timur terbatas. PT Pos lalu mengambil kebijakan di mana setiap kantor pos diwajibkan satu komputernya dipakai khusus untuk pendaftaran SNMPTN.

"Kan di masing-masing kantor pos itu PC-nya lebih dari satu, satu PC bisa dimanfaatkan. Sehingga sistem akan kita buka, (tapi) hanya bisa mengakses websitenya SNMPTN 2014," jelas Budi.

Dia menambahkan, di Indonesia Timur ada sekira 3.400 kantor pos yang tidak memiliki PLIK. Setelah dipasangi PLIK, maka kantor pos itu akan bisa dipakai para calon peserta SNMPTN untuk mendaftar.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0558 seconds (0.1#10.140)