Hujan deras, Mamuju Utara kebanjiran

Selasa, 10 Desember 2013 - 13:47 WIB
Hujan deras, Mamuju Utara kebanjiran
Hujan deras, Mamuju Utara kebanjiran
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Mamuju bagian utara kembali diancam banjir. Wilayah yang menjadi langganan tiap tahun di kawasan ini adalah Desa Tarailu, Kecamatan Sampaga Mamuju.

Tahun lalu, wilayah yang bersebelahan langsung dengan Sungai Tarailu, ini dilanda banjir terparah sejak dua tahun terakhir. Hingga tower PLN rubuh dan puluhan rumah hanyut. Dibeberapa sudut wilayah, air deras berwarna coklat mengalir melalui ruang tamu hingga dapur.

Salah seorang warga Dusun Bunde Desa Tarailu Isman mengatakan, hujan deras terjadi sejak Senin 9 Desember 2013 hingga Selasa 10 Desember 2013 subuh membuat sungai Tarailu meluap hingga ke Jalan Poros Tarailu.

Air terus bergerak hingga sekitar 50 meter dari bibir sungai besar itu. "Sejak pukul 11.00 WITA tadi, air terus meluap akibat hujan di hulu. Kalau hujan terus, air pasti terus naik. Sekarang air sudah merendam Puskesmas dan SD Tarailu," katanya.

Salah seorang warga Mamuju yang kebetulan melintas, Muh. Tayyeb, melalui sms mengabarkan bahwa sungai Tarailu meluap. Di beberapa titik, airnya sudah sampai betis orang dewasa.

"Saya kebetulan mau ke Pasangkayu. Kalau nanti hujan dua jam saja, tentu akan banjir. Semoga tidak seperti tahun lalu," katanya.

Sementara Dari Desa Salumabongi, Kecamatan Sampaga, seorang ibu rumah tangga Ana mengaku panik melihat air semakin deras mengalir di kolong rumahnya. Dia bahkan menghubungi keluarganya di kota Mamuju untuk segera menjemput.

Sekda Mamuju Habsi Wahid yang dihubungi terkait ini langsung menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju untuk mengecek kondisi lapangan. Diakui, Desa Tarailu memang langganan banjir tiap tahun.

"Letaknya berada di bibir sungai, sementara hilirnya langsung laut yang jaraknya tidak jauh. Banjir juga disebabkan oleh illegal logging. Saya sudah minta BPBD Mamuju untuk turun ke lapangan," katanya.

Terpisah, Ketua SARDA Sulbar Muh. Salil mengatakan, anggotanya sudah siap turun ke lapangan. Tim yang akan dipimpin Ketua Harian SARDA Sulbar, Inaldy, tinggal menunggu perintah dan perkembangannya.

"Sejak mendengar kabar ini kami langsung mengadakan persiapan. Tinggal menunggu perkembangan," kata Salil.

Wakil Gubernur Sulbar Aladin S. Mengga juga langsung memerintahkan jajarannya untuk mengambil langkah. Terutama berkoordinasi dengan Pemkab Mamuju.

Hingga berita ini disusun, cuaca di atas Desa Tarailu secara umum memang mendung. Sejumlah warga nampak mulai memindahkan barang dan menuju tempat yang dinilai lebih aman.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6239 seconds (0.1#10.140)