Tolak WTO, seratusan orang demo Konjen Amerika

Jum'at, 06 Desember 2013 - 17:04 WIB
Tolak WTO, seratusan orang demo Konjen Amerika
Tolak WTO, seratusan orang demo Konjen Amerika
A A A
Sindonews.com - Massa Indonesia People Aliance (IPA) berunjuk rasa ke kantor Konjen Amerika, di Gedung Uniland. Dalam aksinya, massa menilai World Trade Organization (WTO) adalah penyebab hancurnya perekonomian Indonesia.

Dengan berjalan kaki dari Lapangan Merdeka Medan, seratusan orang yang tergabung dalam IPA longmarch dari kantor Konjen Amerika di Jalan MT Haryono Medan.

Massa membawa sejumlah spanduk dan poster yang bertuliskan menolak Konfrensi Tingkat Menteri (KTM) WTO yang berlangsung di Nusa Dua Denpasar Bali. Aksi unjuk rasa ini mendapat penjagaan ketat aparat kepolisian sektor Medan Timur.

Dalam aksinya, massa menuntut KTM WTO dibubarkan. Karena dinilai sebagai penyebab kehancuran perekonomian Indonesia, dan bercokolnya liberalisasi perdagangan dunia yang tidak berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Selain berorasi, massa pengunjuk rasa juga menggelar aksi theatrikal yang menggambarkan kekuasaan pemimpin-pemimpin negara yang selalu memperbudak rakyat kecil.

Selain menuntut pembubaran KTM WTO, massa juga menolak politik upah murah, perampasan tanah terhadap kaum tani, dan menuntut pemerintah agar mewujudkan pendidikan ilmiah, demokratis, dan mengabdi pada rakyat.

Aksi seratusan orang ini sempat membuat macet arus lalu lintas di sekitar Jalan MT Haryono Medan. Usai menyampaikan aspirasinya, massa membubarkan diri dengan tertib.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9680 seconds (0.1#10.140)