Kabupaten Wajo rawan bencana

Jum'at, 06 Desember 2013 - 10:40 WIB
Kabupaten Wajo rawan bencana
Kabupaten Wajo rawan bencana
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), dikatakan sebagai wilayah yang menjadi salah satu kawasan rawan bencana. Salah satunya adalah persoalan banjir yang selalu mengintai.

Hal itu terjadi lantaran di Wajo terdapat pertemuan air dari sejumlah daerah tetangga termasuk Soppeng, Sidrap, dan beberapa kabupaten lainnya.

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo memilih siaga dengan menyiapkan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Para relawan itu disiapkan untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

"Untuk mengantisipasi adanya korban didaerah yang rawan bencana banjir, Dinas Sosial rutin melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat, baik camat, lurah maupun kepala desa dan warga di lokasi rawan banjir," kata Kepala Bidang Kesetiakawan Sosial Dinsosnakertrans Kabupaten Wajo, Syahran, Jumat (6/12/2013).

Menurutnya, kehadiran personel Tagana sangat membantu sekali dalam penanganan bencana. Personel Tagana untuk persiapan pada musim pancaroba di sejumlah titik di Wajo dan para personel Tagana ini disiapkan untuk penanggulangan dan membantu masyarakat yang terkena bencana.

"Menghadapi musim hujan, Dinas Sosial menyiapkan tim Tagana untuk penanggulangan dan membantu masyarakat yang terkena bencana. Dan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kami rutin melakukan kordinasi dengan pemerintah setempat termasuk kepada masyarakat yang berdominsili di wilayah yang rawan bencana itu," katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh warga Wajo untuk tetap waspada akan terjadinya bencana terutama banjir, karena seperti diketahui bersama, Kabupaten Wajo merupakan daerah yang rawan bencana banjir.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7942 seconds (0.1#10.140)