Pemkot Solo lengkapi pasar tradisional aksesbilitas difabel

Selasa, 03 Desember 2013 - 15:52 WIB
Pemkot Solo lengkapi...
Pemkot Solo lengkapi pasar tradisional aksesbilitas difabel
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Solo semakin serius menggarap pasar tradisional. Keseriusan pemerintah tersebut, salah satunya dengan membangun aksesbilitas kaum difabel di pasar tradisional.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan, aksesbilitas untuk kaum difabel untuk saat ini mulai dibangun di Pasar Tanggul Jebres. Di pasar tersebut, aksesbilitas untuk kaum difabel dibuat elektrik, sehingga para kaum difabel tidak perlu kesulitan untuk berbelanja di pasar tersebut.

Dia mengatakan, dengan aksesbilitas elektrik tersebut, menurutnya sangat penting bagi kaum difabel. Pasalnya keterbatasan yang dimiliki mereka bisa diatasi dengan mesin elektrik. Nantinya, diharapkan tidak ada halangan untuk kaum difabel yang akan belanja ke pasar tradisional.

“Untuk sementara ini, baru Pasar Tanggul yang dibuat dengan aksesbilitas elektrik. Kita uji cobakan dahulu di sana jadinya seperti apa. Semoga itu bermanfaat bagi orang yang membutuhkan,” ucap Rudy, kepada wartawan, Selasa (3/12/2013).

Dia menambahkan, setelah pasar tersebut berhasil, pihaknya bakal memasang aksesbilitas difabel di beberapa pasar-pasar tradisional lain yang ada di Kota Solo.

Menurutnya, konstruksi bangunan pasar tradisional yang bertingkat, memang perlu disiapkan alat-alat untuk kaum difabel tersebut. Dengan begitu, kaum difabel maupun lansia bisa menggunakan alat tersebut untuk menunjang mereka.

“Ya, kita harus memenuhi semua kebutuhan rakyat tanpa memandang satu sama lain. Dengan kita memberikan aksesbilitas bagi mereka, sama saja memberikan hak kepada mereka untuk menggunakan pasar tradisional,” sambungya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Solo menyebutkan, untuk saat ini pembenahan pasar tradisional dilakukan secara menyeluruh. Sehingga pasar tersebut bisa dimanfaatkan oleh siapapun dan kapanpun.

Selain itu, pihak DPP juga menyiapkan konsep pasar resik, ramah, jujur, tertib, aman, dan simpati (Rerajut Ati). Menurutnya, konsep pasar tersebut bakal mengenai seluruh lapisan masyarakat tanpa adanya pengecualian.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3314 seconds (0.1#10.140)