KPU Tulungagung pastikan masalah DPT tuntas

Sabtu, 30 November 2013 - 03:02 WIB
KPU Tulungagung pastikan masalah DPT tuntas
KPU Tulungagung pastikan masalah DPT tuntas
A A A
Sindonews.com - KPU Kabupaten Tulungagung memastikan persoalan daftar pemilih tetap (DPT) yang terjadi di wilayah kewenanganya akan segera tuntas.

Sebanyak 706 pemilih yang diketahui tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK) akan dibuatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

"Data soal pemilih yang tidak ber NIK ini akan dikirimkan melalui surat elektronik," ujar Komisioner KPU Kabupaten Tulungagung Suprihno kepada wartawan, kemarin.

Sebelumnya sebanyak 3.700 pemilih dinyatakan memiliki NIK yang invalid. Setelah dilakukan verifikasi faktual secara ulang, jumlah tersebut menyusut menjadi 709.

"Namun jumlah terakhir ini (709) dipastikan tuntas dan akan kita lampirkan dalam data pemilih untuk pemilihan legislatif 2014 mendatang," jelas Suprihno.

Seperti diketahui, jumlah DPT Tulungagung sesuai penetapan 1 November 2013, sebanyak 853.325 orang.

Sementara menanggapi hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU dan Dispendukcapil, beberapa perwakilan partai politik menyatakan puas.

Seperti Ketua DPC Partai Demokrat Tulungagung, Trimo, misalnya mengatakan bahwa persoalan terkait kelengkapan administrasi pemilih sebagai hal yang wajar.

Demi suksesnya pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden (Pilpres), dirinya bersama parpol lain bersepakat untuk tidak berlebihan mempersoalkan.

"Kami menanggap rekan rekan KPU dan Panwaslu telah bekerja maksimal, obyektif dan transparan, "ujarnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5964 seconds (0.1#10.140)