Atasi erosi dengan menanam pohon

Selasa, 26 November 2013 - 11:51 WIB
Atasi erosi dengan menanam pohon
Atasi erosi dengan menanam pohon
A A A
Sindonews.com - Untuk mencegah dan menghindari erosi di Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Dinas Kehutanan Sulbar akan menanam 27 juta pohon, pada Kamis 28 November 2013. Bibit pohon telah disiapkan oleh Dinas Kehutanan dan Bappenas.

Kepala Dinas kehutanan Sulbar Nasaruddin mengaku, bibit yang disebar tidak 100 persen berhasil, karena benda hidup. Jumlah pohon yang akan ditanam pun belum ditentukan.

"Harus melihat dulu kondisinya. Kami sebagai pelaksana kegiatan pemerintah pusat ini agar masyarakat tergugah untuk melakukan penghijauan. Jenis tanaman seperti kayu-kayuan, mangga, dan kemiri. Tahun kemarin, perorang dikasih tiga pohon untuk ditanam di halaman rumahnya," sebutnya, kepada wartawan, Selasa (26/11/2013).

Penanaman pohon ini, memiliki efek positif untuk masyarakat. Untuk buah-buahan atau tanaman bermanfaat lain, hasilnya nanti akan dibeli oleh Dishut Sulbar.

"Tempatnya di Mambi, bersamaan dengan peringatan 100 tahun kitab Injil masuk di Kabupaten Mamasa. Ini sudah kesepakatan antara Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, dengan Bupati Mamasa Ramlie Badawi. Gubernur nanti akan memberikan sambutan, mewakili Menhut," tuturnya.

Melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), akan dicarikan bibit jamur. Tanaman jangka pendek ini, banyak dicari masyarakat. Disebutkan Nasaruddin, angka 27 juta pohon sebenarnya sudah dilakukan pada tahun 2012 lalu. Dia memastikan pada tahun 2013, jumlahnya semakin besar.

"Target Presiden sebanyak satu miliar pohon di tahun 2012 melebihi target. Di Mamasa, saat ini sudah ada sebanyak 1,7 miliar pohon yang di tanam. Kabupaten ini memiliki kontur tanah labil dan mudah longsor saat musim hujan," katanya.

Diakui, sudah ada beberapa KPH yang bermohon untuk menanam pohon. Seperti di Kecamatan Mapili, Kabupaten Polman, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Matra, dan Mamasa. Dinas Kehutanan Sulbar, akan menjadikan kegiatan ini sebagai program utama dan dianggarkan tahun depan, di bidang program rehabilitasi lahan.

Sebelumnya, Dishut Sulbar sudah menanam sebanyak 200 pohon di kantor DPRD Sulbar. Dan bekerjasama dengan Dinas PU Sulbar akan menanam pohon sebanyak 200 pohon di halaman kantor Gubernur guna untuk penghijauan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5390 seconds (0.1#10.140)