Jual emas batangan palsu, 3 WN China ditangkap

Senin, 25 November 2013 - 02:35 WIB
Jual emas batangan palsu, 3 WN China ditangkap
Jual emas batangan palsu, 3 WN China ditangkap
A A A
Sindonews.com - Tiga warga negara China digelandang ke Mapolres Situbondo, Jawa Timur, karena kedapatan menjual emas batangan palsu. Mereka pun nyaris diamuk massa sebelum polisi tiba di lokasi.

Aksi penipuan yang dilakukan Guang Yi, Weng Wemfu, dan Xion Fei terbongkar setelah Budiyanto, korbannya curiga dengan emas batangan seberat satu ons yang dibelinya seharga Rp44 juta. Benar saja, setelah diperiksa emas tersebut palsu.

Budiyanto mengisahkan, semula salah satu pelaku turun dari Toyota Kijang dan menawarkan emas. Budiyanto merupakan pedagang emas di Kompleks Pasar Mimbaan, Kota Situbondo.

“Setelah diperiksa ternyata benar emasnya palsu. Saya langsung teriak, dan mereka ditangkap dan nyaris dimassa,” ujar Budiyanto, Minggu (24/11/2013).

Polisi yang tiba di lokasi langsung mengamankan ketiganya. Selain tiga orang tersebut, dua orang lainnya merupakan warga pribumi turut dibawa ke kantor polisi. Mereka adalah Rohmat sopir minibus, dan seorang lagi mengaku pemandu perjalanan bernama Rumiyati.

Rumiyati mengaku tidak mengetahui kalau ketiganya melakukan penipuan di pasar tersebut. Dia baru mengenal mereka saat berada di Semarang, lalu memintanya menjadi pemandu ke Pulau Bali.

“Saat mereka turun dari mobil, saya cuma di dalam mobil. Saya tidak tahu profesi mereka,” aku Rumiyati di Mapolres Situbondo.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8765 seconds (0.1#10.140)
pixels