Waspadai peran humas pemerintah untuk kampanye

Rabu, 20 November 2013 - 15:45 WIB
Waspadai peran humas pemerintah untuk kampanye
Waspadai peran humas pemerintah untuk kampanye
A A A
Sindonews.com - Masyarakat diminta mewaspadai informasi yang diberikan oleh pejabat humas pemerintah baik daerah maupun kota. Kewaspadaan itu perlu dilakukan karena akhir-akhir ini banyak humas yang dipakai oleh kepala daerah sebagai alat kampanye.

Hal tersebut dijelaskan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy H Tulung, Rabu (20/11) siang.

Menurutnya banyak pejabat daerah yang menyelewengkan kewenanganya demi kepentingan pribadi ataupun kepentingan dari partai politik tertentu.

“Kita perlu mewaspadai hal itu karena penggunaan humas sebagai media pencitraan untuk kepentingan pribadi tersebut memang memungkinkan dilakukan,” tuturnya.

Pihaknya, lanjut Freddy selalu mengimbau dan menekankan lembaganya agar bersifat independen dan memberitakan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Menurutnya hal itu sangatlah penting agar masyarakat mendapatkan keterbukaan informasi dari pemerintah sesuai dengan kenyataan yang ada.

“Biasanya kepala daerah itu meminta humas untuk mengabarkan masalah keberhasilan pembangunan sebagai alat kampanye. Itu yang perlu diwaspadai oleh masyarakat,” sambungya.

Sementara itu pejabat Humas Kementrian Kominfo Gatot Dewa Subroto, menyebutkan pihak humas seharusnya tidak menutup-nutupi pemberitaan miring terhadap kepala daerah masing-masing.

Humas harus memberikan perilaku yang baik dan menyebarkan informasi sesuai kenyataannya.

“Sebagai rekan kerja dari media massa, humas harus memberikan informasi apapun meskipun itu bersifat miring. Tidak kok malah humas memusuhi wartawan ketika memberitakan yang kurang baik,” tegasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6045 seconds (0.1#10.140)