Disekap di Oman, TKI kirim surat minta dibebaskan

Selasa, 19 November 2013 - 17:52 WIB
Disekap di Oman, TKI kirim surat minta dibebaskan
Disekap di Oman, TKI kirim surat minta dibebaskan
A A A
Sindonews.com - Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) kembali menemui masalah di luar negeri. TKW tersebut diketahui bernama Ny Tomah alias Ketom binti Rejo (45), warga kelurahan Pringlangu, gang 3 A RT 06/RW 05 Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), yang disekap di negeri Oman, Timur Tengah.

Ibu enam putra ini sudah 13 tahun menjadi TKI. Awalnya di Arab Saudi, kemudian ia pindah ke Oman. Keberangkatannya sendiri berlangsung sekira tahun 2000, dan selama menjadi TKI, hanya tahun pertama Ny Tomah memberi kabar.

Wasripah, anak pertama Ny Tomah menyebutkan, bahwa sang ibu sudah 13 tahun terakhir sudah tak bisa dihubungi lagi.

“Kami hanya menerima kabar pada tahun pertama keberangkatan, kami sudah putus asa dan sempat mengira sang ibu sudah hilang tak ada kabar,“ ujar Wasripah, Senin (19/11/2013).

Keluarga kaget saat tiba- tiba Ny Tomah alias Ketom, mengirim surat ke rumah dan mengabarkan jika dirinya sedang bermasalah karena disekap. Dalam suratnya, ia tak menjelaskan mengenai persoalan yang tengah dihadapi. Namun, Ny Tomah hanya menyebut jika dirinya dalam kondisi ketat dan tidak bisa komunikasi.

Wasripah pun khawatir dengan nasib sang ibu. Seluruh nomor kontak ibunya coba dihubunginya, namun gagal. Iapun kini berharap agar pemerintah bisa membatu dan memulangkan Ny Tomah dengan selamat.

Kepala Seksi Penempatan Ketenagakerjaan Disnaker Kota Pekalongan, Heryu Purnomo, menyebutkan pihaknya menerima laporan TKI yang bermasalah ini.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan BNP2TKI untuk melacak keberadaan dia," jelas Heryu Purnomo.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6006 seconds (0.1#10.140)
pixels