29 perusahaan ramaikan lelang sampul pemilu

Selasa, 19 November 2013 - 13:45 WIB
29 perusahaan ramaikan...
29 perusahaan ramaikan lelang sampul pemilu
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 29 perusahaan ikut meramaikan lelang pengadaan logistik sampul Pemilu 2014. Pemenang lelang akan diumumkan pada awal Desember.

Kepala Logsitik dan Rumah Tangga KPU DIY Guno Tri Tjahjaka mengatakan, lelang sampul Pemilu 2014 melalui LPSE untuk menjamin lelang berlangsung transparan dan bebas KKN.

"Sampai saat ini, sudah ada 29 perusahaan yang mengunduh aplikasi di website LPSE," katanya, Selasa (19/11/2013).

Menurut dia, pengadaan sampul Pemilu menjadi kewenangan KPU DIY namun anggaran tetap dari APBN. Pengadaan sampul ini harus melalui lelang karena pagunya sebesar Rp522 juta untuk sekitar 30.000 sampai 40.000 sampul Pemilu.

"Pengadaan harus melalui lelang karena pagunya di atas Rp200 juta," imbuhnya.

Berdasarkan tahapan yang sudah dijadwalkan, secara garis besar pemenang lelang untuk pengadaan sampul akan diumumkan pada awal Desember.

Akhir Desember mulai pengadaan dan Januari, logistik tersebut didistrubuisikan ke masing-masing kabupaten/kota.

"Januari sudah diharapkan sudah terdistribusikan ke kabupaten/kota. Semoga tidak ada persoalan menjelang pemilu," ujarnya.

Guno mengatakan, sebenarnya pengadaan logistik selain sampul Pemilu, KPU DIY juga mendapat tugas untuk pengadaan logistik lain. Logistik itu antara lain bilik suara, kotak suara serta formulir berita acara DPRD I, DPRD II, DPR, DPD dan Pilpres.

Namun untuk formulir berita acara tersebut pengadaan baru dilakukan pada 2014 mendatang.

Sedangkan untuk bilik suara, KPU DIY tidak menggelar lelang meski ada kekurangan sekitar 2.000 unit. Alasannya, setelah ditaksir untuk pengadaan 2.000 unit hanya membutuhkan anggaran Rp40 juta.

"Karena hanya Rp40 juta, pengadaan tidak perlu dilakukan. Secepatnya pengadaan bilik akan kita lakukan," jelasnya.

Untuk kotak suara, KPU DIY sama sekali tidak mengadakan lelang karena jumlahnya sudah mencukupi. Ada kabupaten yang kekurangan namun ada yang kelebihan.

"Setelah dihitung, jumlahnya mencukupi sehingga tidak perlu lelang," imbuhnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9283 seconds (0.1#10.140)