Banjir Wasior rusak tanggul bernilai miliaran

Minggu, 17 November 2013 - 13:55 WIB
Banjir Wasior rusak tanggul bernilai miliaran
Banjir Wasior rusak tanggul bernilai miliaran
A A A
Sindonews.com - Banjir yang melanda Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, beberapa hari lalu, membawa ribuan kubik material kayu dan bebatuan.

Selain menutupi badan jalan, dan merusak rumah penduduk, ribuan kubik material ini juga menjebol tanggul pembatas di Sungai Rasie.

Padahal, proyek ini baru selesai dibangun tahun 2012 dan menelan anggaran miliaran rupiah.

Sapuan material banjir ini membentuk lahan kosong yang dipenuhi bebatuan serta tumpukan potongan batang pohon yang besar. Sebuah tanggul pembatas selebar 21 meter yang dibangun pasca banjir bandang 4 Oktober tahun 2010 lalu, juga hilang terbawa arus banjir.

Sebelum diterjang banjir, lokasi ini merupakan aliran sungai dan akses jalan darat dari Kota wasior menuju ke selatan Tandia, dan sebaliknya. Luapan banjir ini juga menenggelamkan belasan rumah di distrik Tandia, bagian Selatan Wasior.

“Ini baru selesai dibangun tahun lalu, namun karena tidak kuat menahan material dalam jumlah besar, akhirnya jebol. Kita akan bangun kembali lagi dengan lebarnya mencapai 50 meter, dengan maksud mampu menahan arus sungai saat banjir,” jelas Tiku Tandungalo, pengawas proyek, Minggu (17/11/2013).

Penyebab banjir sendiri belum diketahui pasti. Namun banyak pihak menduga banjir disebabkan oleh tumpukan longsoran di daerah pegunungan Wondiboi, yang kemudian membentuk semacam kubangan besar dan menampung air.

Kubangan ini kemudian jebol akibat tak mampu menampung debit air yang kemudian membawa sejumlah material kayu dan bebatuan dari atas gunung.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8100 seconds (0.1#10.140)