Pawai budaya awali Nusa Dua Fiesta 2013

Sabtu, 16 November 2013 - 12:01 WIB
Pawai budaya awali Nusa Dua Fiesta 2013
Pawai budaya awali Nusa Dua Fiesta 2013
A A A
Sindonews.com - Berbagai atraksi kesenian yang mengusung tema pelestarian hutan mengawali Nusa Dua Fiesta (NDF) di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali menarik minat wisatawan dan masyarakat lainnya.

Nusa Dua Fiesta ke-16 dibuka resmi Jumat 15 NOvember 2013 malam oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gede Pitana.

Pembukaan acara yang digelar oleh Bali Tourim Development Corporation (BTDC) bersama industri pariwasata lainnya mengambil tema 'Wana Lelangunan' atau pelestarian hutan berlangsung di Pulau Peninsula.

Saat pawai berlangsung diikuti 20 peserta kalangan hotel restoran di kawasan BTDC serta masyarakat dan industri di luar BTDC.

Ketua Umum Nusa Dua Fiesta 2013, Ida Bagus Abdhi mengatakan, dipilihnya Pulau peninsula karena lokasinya cukup cocok untuk panggung kesenian yang berlatar pulau dan pemandanga laut Nusa Dua.

"Perwakilan BTDC membawakan kesenian tek-tekan dan okokan khas Tabanan mengawali parade disusul Payas Agung 9 kabupaten/kota di Bali," ujar Abdhi.

Selanjutnya, penampilan seni kreatif dari masing-masing hotel di Nusa Dua. Pihaknya berupaya menampilkan kesenian dan seniman terbaik di Bali maupun di luar negeri untuk menghibur masyarakat dan wisatawan.

Kegiatan berlangsung 5 hari ke depan ini di mata Gede Pitana cukup luar biasa karena biasanya even promosi dilaksanakan lebih dari 10 kali. Sementara NDF kini sudah memasuki even ke-16 sehingga cukup membanggakan.

Ajang tersebut bukan hanya sekedar promosi namun juga mengkemas dalam sebuah pertemuan bisnis.

Suatu even, kata dia bukan hanya dilihat saat even, namun seberapa even tersebut dilaksanakan secara konsisten dan memberikan dampak pada pariwisata.

Diharapkan, lewat NDF, mampu menggali kesenian dan kebudayaan yang perlu dilestarikan mengingat ini ditonton masyarakat maupun wisatawan yang datang berlinur ke Bali.

"Saya optimis, NDF dapat mempromosikan potensi-potensi seni dan budaya Bali. Ini juga memotivasi daerah-daerah lain menggelar kegiatan semacam ini dalam upaya mempromosikan daerahnya," tuturnya.

Pada hari pertama ditampilkan handycraf Exhibition, Creative Gebogan Janur, creative fruits and vegetable Carving, creative Table Setup (ICA).

Juga stone carving exhibition, ngelawang barong, parade hotel, Sekar Jepun Kolosal, opening NDF 2013, Balinese performance, music Performance oleh Bona Alit dan Jim Larkins dan band.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1012 seconds (0.1#10.140)