Labfor pastikan Gedung UNM sengaja dibakar

Sabtu, 16 November 2013 - 02:12 WIB
Labfor pastikan Gedung UNM sengaja dibakar
Labfor pastikan Gedung UNM sengaja dibakar
A A A
Sindonews.com - Penyidik Polrestabes Makassar memastikan kebakaran Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM), pekan lalu, ditemukan unsur kesengajaan.

Gedung berlantai dua ini diduga kuat sengaja dibakar menggunakan bahan bakar minyak, oleh pihak-pihak yang hingga saat ini masih buron.

Kepastian tersebut, berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Labfor Mabes Polri Cabang Makassar di TKP.

"Dari hasil Labfor menyimpulkan, ada dugaan kesengajaan Gedung PKM dibakar," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP M Endro, Jumat (15/11/2013).

Pihak Labfor yang melakukan olah TKP sejak pekan lalu, juga menemukan sedikitnya lima titik ledakan api di sekitar gedung yang hangus terbakar itu.

Penyidik pun mencium adanya bahan bakar minyak yang digunakan pelaku, sehingga dengan waktu cepat api membesar dan menghanguskan 12 ruangan sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNM itu.

"Ditemukan lima titik ledakan api menggunakan bahan bakar. Tetapi untuk bahan bakar yang digunakan, kita masih menunggu hasil penyelidikan lanjutan dari Labfor," beber mantan Kasubdit Tipikor Ditkrimsus Polda Sulselbar ini.

Sementara itu, pada Kamis (14/11) malam lalu, penyidik gabungan Polrestabes Makassar melakukan gelar perkara terhadap kasus pembakaran di UNM.

Dari hasil gelar itu, diduga kuat pelaku pembakaran berjumlah empat orang. Mereka inilah yang disinyalir pelaku utama kebakaran Gedung PKM.

Namun untuk menetapkan keempat orang ini sebagai tersangka, polisi terganjal kurangnya alat bukti dan saksi kunci di lapangan.

"Ada beberapa orang yang diduga kuat pelaku. Tapi belum ada saksi yang menguatkannya. Makanya kami terus mempelajari CCTV di sekitar gedung itu," pungkas Endro.

Terpisah, Pembantu Rektor III UNM Hery Tahir menyebutkan, sejauh ini pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan dari kepolisian.

Menurut Hery, seluruh temuan tim investigasi UNM telah diserahkan kepada penyidik Polrestabes Makassar, sebagai bukti tambahan dalam kasus ini.

"Yang jelas, selain kejadian kebakaran tanggal 7 November lalu, juga ada kejadian perkelahian tanggal 3 November yang jadi perhatian," sebutnya.

Diberitakan, Gedung PKM UNM di Jalan Raya Pendidikan, Kec Rappocini, dibakar oleh sekelompok orang tidak dikenal, pekan lalu.

Akibatnya, gedung berlantai dua yang berada di belakang Menara Phinisi UNM Gunungsari tersebut ludes dilalap si jago merah.

Selain itu, sejumlah berkas dan peralatan yang ditempati sebanyak 12 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tersebut juga tak luput dari lalapan api.

Terbakarnya Gedung PKM UNM, diduga kuat merupakan buntut dari pertikaian kelompok mahasiswa dalam satu pekan terakhir ini.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6220 seconds (0.1#10.140)