Belum ada gelombang aksi menentang peringatan Asyura

Kamis, 14 November 2013 - 15:15 WIB
Belum ada gelombang aksi menentang peringatan Asyura
Belum ada gelombang aksi menentang peringatan Asyura
A A A
Sindonews.com - Peringatan Asyura nasional yang digelar Ikatan Jemaah Ahlulbait Indonesia (IJABI) batal dilaksanakan di Kawaluyaan karena mendapat penolakan dari pengelola gedung dan warga sekitar. Acara akan tetap digelar tapi dipindahkan ke Al Muthahhari di kawasan Kiaracondong, Kota Bandung.

Jalaluddin Rakhmat, selaku penyelenggara kegiatan, sempat mengatakan ada pihak yang keberatan atas pelaksanaan kegiatan itu dan akan menggelar demonstrasi.

Disinggung soal pihak penentang Syiah, Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP Diki Budiman, mengatakan hingga kini belum mendapat laporan akan ada yang berdemo meski sempat tersiar kabar akan ada massa siaga di lokasi.

"Tapi kami tetap melakukan pengamanan di sana," kata Diki saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/11/2013).

Ia mengaku terus berkoordinasi dengan anggotanya dan pihak penyelenggara Asyura. "Ada atau tidak ada aksi, kita tetap melakukan pengamanan sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Saat ini, pengamanan sudah dilakukan di dua lokasi yaitu di Kawaluyaan dan Al Muthahhari. Untuk di Kawaluyaan, pengamanan tetap dilakukan agar jemaah yang tidak tahu tempat dipindah bisa diarahkan ke Al Muthahhari.

Sementara di Al Muthahhari, pengamanan dilakukan dengan ketat agar tidak terjadi bentrokan dengan massa kontra Syiah.

Untuk pengamanan, total ada 900 personel yang dikerahkan. Mereka berasal dari Polrestabes Bandung dan dibackup anggota Brimob Polda Jawa Barat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2938 seconds (0.1#10.140)