Polisi kawal ketat acara ribuan penganut Syiah di Bandung

Kamis, 14 November 2013 - 12:14 WIB
Polisi kawal ketat acara ribuan penganut Syiah di Bandung
Polisi kawal ketat acara ribuan penganut Syiah di Bandung
A A A
Sindonews.com - Peringatan Asyura yang digelar oleh Ikatan Jamaah Ahlulbait Indonesia (IJABI) se-Jawa Barat batal digelar di tempat semula, yakni di Kawaluyaan, Kota Bandung.

Kabagops Polrestabes Bandung, AKBP Diki Budiman, menjelaskan penolakan gelaran Asyura itu berawal dari pihak pengelola gedung dan warga sekitar yang tak memberikan izin.

“Pengelola gedung dan warga (Kawaluyaan) tak memberikan izin. Jadi acaranya dipindahkan ke Al Muthahhari di kawasan Kiaracondong,” jelasnya kepada wartawan, Kamis (14/11/2013).

Diki mengatkaan, lantaran Al Muthahhari adalah kawasan internal dari IJABI maka hal itu tidak memerlukan izin. Meski demikian, pihaknya akan tetap memberikan pengamanan di sekitar lokasi.

Selain di kawasan Al Muthahhari, pihaknya juga memberikan pengamanan di kawasan Kawaluyaan, tempat acara semula. Hal itu dilakukan agar para jemaah yang terlajur datang dan tidak tahu tempat acara dipindah bisa terbantu.

“Di Kiaracondong kita tempatkan 500 personel. Untuk di Kawaluyaan kita juga tempatkan personel siapa tahu ada jemaah yang tidak tahu tempat telah dipindah,” terangnya.

Menurutnya, jika dalam acara ada penolakan dari warga atau ormas maka pihaknya akan melakukan penyekatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari data kepolisian, acara Asyura itu akan dihadiri sekira 5.000an penganut Syiah dari berbagai daerah di Jawa Barat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5765 seconds (0.1#10.140)