Lokasi temuan harta Kerajaan Aceh ditutup

Rabu, 13 November 2013 - 18:39 WIB
Lokasi temuan harta Kerajaan Aceh ditutup
Lokasi temuan harta Kerajaan Aceh ditutup
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Banda Aceh akhirnya menutup lokasi penemuan harta karun berisi ratusan koin emas yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Aceh, di Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja.

Keputusan ini, diambil untuk menyelamatkan situs sejarah yang dikhawatirkan hilang atau rusak. Menyusul banyaknya warga yang berburu emas di sana.

"Kita sudah perintahkan tutup, bukan untuk sementara saja, tapi untuk selamanya. Tidak boleh lagi (mencari emas), karena itu benda peninggalan sejarah," kata Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, kepada wartawan, Rabu (13/11/2013).

Setelah diperintahkan tutup, mulai jelang siang tadi aktivitas perburuan emas di Muara Krueng (Sungai) Doy itu yang sejak kemarin dipenuhi warga, terhenti. Warga masih datang ke lokasi, tapi hanya untuk melihat-lihat lokasi temuan.

Illiza berjanji, pihaknya akan mendata koin-koin emas itu, kemudian akan disita dan penemunya diberi penghargaan berupa kompensasi. Koin-koin itu, merupakan artefak Aceh yang tidak boleh dibisniskan atau dikoleksi secara pribadi, karena itu melanggar undang-undang.

Kepada warga yang saat ini menyimpan koin-koin itu, dia juga diminta untuk melaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banda Aceh. Perangkat Gampong (Desa) Pande diperintahkan untuk mendata siapa saja yang menemukan koin yang diyakini dirham atau mata uang Kerajaan Aceh yang terbuat dari emas. "Pak Keusyik sudah saya minta untuk mendata," ujarnya.

Illiza menambahkan, pihaknya akan menggelar rapat dengan beberapa unsur untuk membahas tindak lanjut penyelamatan koin-koin emas dan pedang samurai kuno yang baru saja ditemukan warga, di Gampong Pande.

Dalam rapat itu nantinya ikut dibicarakan besaran kompensasi dan cara pembayarannya kepada warga yang menemukan. "Ini tentu tidak bisa kita putuskan begitu saja, harus kita rapatkan dulu," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7019 seconds (0.1#10.140)