Jadi debat kusir, pembahasan Gunung Padang dihentikan

Sabtu, 09 November 2013 - 03:01 WIB
Jadi debat kusir, pembahasan Gunung Padang dihentikan
Jadi debat kusir, pembahasan Gunung Padang dihentikan
A A A
Sindonews.com - Pembahasan seputar Gunung Padang yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/11/2013), ditutup oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

Alasannya, pertemuan itu malah jadi debat kusir yang tak ada ujungnya. Masing-masing pihak, khususnya peneliti, keukeuh dengan argumen masing-masing.

Tadinya, pertemuan itu dilaksanakan untuk membahas pengembangan kawasan cagar budaya Gunung Padang. Bahkan di tengah pembahasan, Acil Bimbo yang hadir di lokasi marah-marah menyuarakan soal tiga warga yang ditahan oleh Polres Cianjur karena memukul peneliti.

Setelah pertemuan dihentikan, rencananya akan diadakan pertemuan lanjutan. Tapi waktunya belum ditentukan kapan. "Secepatnya kita harapkan (ada pertemuan lanjutan)," kata Deddy Mizwar.

Yang terpenting, semua pihak duduk bersama untuk membahas semua hal terkait Gunung Padang. "Yang penting kan duduk bareng, peneliti kan intelektual, apa sih yang enggak bisa dibicarakan," jelasnya.

Dalam pertemuan nanti, masing-masing pihak diharapkan membuka diri untuk menerima pandangan pihak lain. Sehingga tidak lagi terjadi debat kusir seperti yang terjadi hari ini.

Pada pertemuan tadi misalnya, peneliti berdebat soal batu yang ada di Gunung Padang apakah itu muatan manusia atau terbentuk secara alami. Masing-masing pihak keukeuh dengan argumennya dan tak ada titik temu.

"Kita bahas lebih lanjut, setelah itu kita bahas bagaimana perkembangan cagar budaya. Jangan sampai nanti ada persoalan lagi," tutur Deddy.

Sementara disinggung soal keluhan Acil Bimbo yang menyebut Polres Cianjur menahan tiga warga sekitar Gunung Padang karena takut oleh staf khusus Presiden, Andi Arief, ia ogah berkomentar.

"Saya enggak bisa ikut campur urusan hukum, presiden saja enggak bisa ikut campur," tandasnya.

Dani Hilman, peneliti dari Tim Riset Mandiri Terpadu, membantah tudingan yang diucapkan Acil Bimbo. "Ngawur itu," singkatnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0485 seconds (0.1#10.140)