11 granat di Ciumbuleuit peninggalan perang dunia II

Jum'at, 08 November 2013 - 14:35 WIB
11 granat di Ciumbuleuit peninggalan perang dunia II
11 granat di Ciumbuleuit peninggalan perang dunia II
A A A
Sindonews.com - Granat yang ditemukan di sebuah proyek pembangunan rumah tinggal, di Jalan Gunung Karumbi, No.5, RT 1/5, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, sudah diidentifikasi Tim Jibom Satuan Brimob Polda Jawa Barat.

Hasilnya, 11 granat itu sudah berusia cukup lama. "Dari hasil identifikasi, granat yang ada masih aktif. Granat itu peninggalan perang dunia ke-II," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Martinus Sitompul, melalui pesan singkatnya, Jumat (8/11/2013).

Granat itu, menurutnya sudah berkarat dan diselimuti tanah. "Patut diduga granat ini cukup lama tertanam," ungkapnya.

Dilihat dari ciri-cirinya, granat itu merupakan produk luar negeri. Sementara sesuai mekanisme, granat itu akan dimusnahkan. Granat itu ditemukan pada Kamis 7 November 2013, sekira pukul 08.00 WIB, oleh Tarka salah seorang pekerja.

Setelah menggali beberapa meter, dia menemukan granat dan langsung melaporkannya ke polisi. Kemudian, polisi datang ke lokasi untuk mengamankan granat dan membawanya ke Mako Satuan Brimob Polda Jawa Barat.

Area itu diketahui milik mantan eks Executive Vice President PT Pindad Yuwono Siswanto. Yuwono menjabat di PT Pindad pada tahun 1990-an. Yuowono membeli tanah di sana pada Januari lalu.

Sementara proses pembangunan dilakukan sejak Juni. Rencananya, rumah itu akan dijadikan rumah tinggal dua tingkat. Area ditemukan granat, tadinya akan dijadikan kolam renang dan taman.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7427 seconds (0.1#10.140)