Mangkunegaran & Kasunanan siapkan kirab malam 1 Sura

Sabtu, 02 November 2013 - 15:03 WIB
Mangkunegaran & Kasunanan siapkan kirab malam 1 Sura
Mangkunegaran & Kasunanan siapkan kirab malam 1 Sura
A A A
Sindonews.com - Ritual adat menyambut tahun baru Islam 1435 H dilakukan masyarakat Kota Solo, Jawa Tengah dengan prosesi kirab malam 1 Sura.

Rencananya, kirab sakral tersebut dilaksanakan pada Senin (4/11/2013) malam oleh Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kirab ini akan diikuti ratusan abdi dalem, kerabat, sentono dan pimpinan adat. Selain itu, ribuan warga bakal menanti proses ini untuk ngalap berkah.

Ritual kirab malam 1 Sura di Keraton Kasunanan diawali wilujengan Haul Paku Buwono X di Bangsal Maligi sekira pukul 21.00 WIB.

Selama satu jam, para ulama keraton memimpin zikir dan tahlil di hadapan para pelaku ritual adat sebelum memulai kirab pada pukul 23.00 WIB.

"Ada sembilan pusaka yang akan dikirab Senin malam nanti. Seluruh persiapan acara rutin ini sudah kita mulai jauh-jauh hari," terang Wakil Pengageng Kusuma Wilopo Keraton Kasunanan, Kanjeng Pangeran Winarno Kusumo, Sabtu (2/11/2013).

Sembilan pusaka tersebut berjenis tombak dan keris. Namun, nama-nama pusaka tersebut akan dirahasiakan sampai kirab dimulai dari pintu Kori Kamandungan.

Pusaka berikut rombongan akan menempuh perjalanan sejauh empat kilometer mengitari Kampung Baluwarti dengan rute di jalan-jalan protokol. Ikut sertanya kerbau bule keturunan Mahesa Kyai Slamet selalu menjadi pesona kirab malam 1 Sura.

"Tahun lalu, ada 13 kerbau yang dikirab. Namun tahun ini akan berkurang karena ada yang baru saja melahirkan. Jadi, tidak memungkinkan ikut dikirab," kata dia.

Pengageng Kusumo Wilopo Kanjeng Pangeran Edi Wirabumi mengatakan, pasukan pengamanan kirab tengah dikoordinasi demi kelancaran kegiatan rutin tersebut.

"Aparat dari TNI, Polri dan Linmas sangat dibutuhkan. Sebab, dipastikan kirab tersebut jadi tontonan ribuan warga," jelasnya.

Sementara itu di kirab malam 1 Sura di Pura Mangkunegaran juga akan digelar di hari yang sama namun lebih awal. Air jamasan pusaka di Pura Mangkunegaran selalu diperebutkan orang-orang pengalap berkah.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5792 seconds (0.1#10.140)