TNI perbatasan gagalkan penyelundupan sabu

Jum'at, 01 November 2013 - 16:16 WIB
TNI perbatasan gagalkan penyelundupan sabu
TNI perbatasan gagalkan penyelundupan sabu
A A A
Sindonews.com - Penyelundupan narkoba melewati jalur darat lintas perbatasan antar negara memang menjadi favorit. Sedikit saja lengah dari penjagaan, barang haram tersebut bisa lolos masuk ke Indonesia.

Setelah dua kali berhasil menggagalkan penyelundupan sabu dengan jumlah hampir lima kilogram, anggota TNI yang bertugas sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan dari Batalyon Infanteri 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa kembali menggagalkan penyelundupan sabu seberat 500 gram.

Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa, Letnan Kolonel Infanteri Feksi D Angi menjelaskan, pada Rabu 30 Oktober sekira pukul 15.00 wita anggotanya di Pos Aji Kuning, Pulai Sebatik, Kabupaten Nunukan menjaga kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Lima personel TNI dipimpin Lettu Inf Yudho melaksanakan pengawasan di Patok Lima dan memantau keluar masuk masyarakat di perbatasan.

“Saat pengawasan itu, ada satu orang yang menggunakan sepeda motor warna hitam tanpa pelat melintas di patok batas 5, 6 dan 7. Kemudian diikuti oleh anggota pengamanan perbatasan,” ungkap Feksi, Jumat (1/11/2013).

Karena merasa diikuti, kata Feksi, pengendara sepeda motor itu langsung kabur tanpa bisa dikejar petugas. Saat menambah kecepatan laju kendaraannya, pengendara sepeda motor ini membuang sebuah tas warna hitam yang disegel dengan gembok kecil.

“Setelah petugas memeriksa tas tersebut, petugas menemukan narkoba jenis sabu seberat 500 gram atau setengah kilogram. Selanjutnya barang tersebut dibawa ke Markas Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 141/AYJP Nunukan untuk kembali dicek keasliannya,” katanya.

Untuk lebih meyakinkan sabu tersebut, Satgas Pengamanan Perbatasan kemudian menghubungi Polres Nunukan. Oleh Kasat Narkoba Polres Nunukan, sabu tersebut dipastikan keasliannya.

“Rabu (30/10/2013) malam sekira pukul 20.00 Wita, dilaksanakan penyerahan barang bukti dan langsung diterima Kapolres Nunukan disaksikan juga oleh Dandim 0911 Nunukan bertempat di Mako Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP Nunukan,” tambahnya.

Mengenai seringnya upaya penyelundupan sabu dari Malaysia ke Indonesia, Feksi menjelaskan jika jalur ini dianggap aman para penyelundup.

“Mau lewat mana lagi selain lewat jalur perbatasan,” katanya.

Untuk itu, pihaknya akan semakin memperketat pengamanan perbatasan. Apalagi di perbatasan banyak jalur alternatif, dan penyelundup berupaya mencari jalur yang minim pengawasan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5001 seconds (0.1#10.140)