Maros titip soal CPNS K2 di kantor polisi

Rabu, 30 Oktober 2013 - 00:54 WIB
Maros titip soal CPNS K2 di kantor polisi
Maros titip soal CPNS K2 di kantor polisi
A A A
Sindonews.com - Naskah soal CPNS tenaga honorer kategori 2 (k2) Kabupaten Maros dititip di kantor Polres Maros. Penitipan di kantor polisi itu dinilai lebih aman, karena dijaga selama 24 jam.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Maros Arwin Malik menuturkan, penitipan itu lazim dilakukan seperti halnya ujian CPNS yang lalu-lalu.

"Untuk soal CPNS K2, kami sudah melakukan koordinasi dengan kepolisian Polres Maros. Saat ini, soal CPNS dititip di kantor polisi. Karena sesuai standarnya memang seperti itu. Kami tidak bisa menyimpan soal CPNS di kantor, demi pengamanan. Di sini tidak ada yang bisa menjamin bocornya soal," ujarnya, kepada wartawan, Selasa (29/10/2013).

Dia menuturkan, BKDD Maros melibatkan aparat Polres Maros untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran soal ujian CPNS untuk tenaga honorer K2. Ujian yang akan berlangsung 3 November 2013 itu diikuti 4.208 peserta.

Dia menuturkan, proses perekrutan CPNS K2 sangat rawan terjadi kecurangan, sehingga BKD memilih melakukan berbagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kebocoran soal ujian. Selain aparat kepolisian, BKD juga melibatkan Inspektorat Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kodim, dan kejaksaan dalam pengamanan.

Dia menuturkan, keterlibatan aparat keamanan dan unsur muspida dimulai saat penjemputan soal di kantor Gubernur Sulsel, sampai ke Kantor BKDD Maros. Disaat itu, dibuatkan berita acara untuk penerimaan soal CPNS K2.

"Dari situ barulah diserahkan di kantor polisi. Di sana akan dijaga polisi, inspektorat, dan Satpol PP. Soal dimasukkan dalam sebuah boks, dan digembok. Pengamanan soal ujian dilakukan secara ketat, hingga soal selesai didistribusikan kepada peserta ujian 3 November," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Maros AKBP CF Hotman Sirait menuturkan, saat ini memang soal ujian penerimaan CPNS K2 telah berada di Polres. Ada beberapa aparat yang ditugaskan untuk menjaga soal tersebut. Dia menjamin, kerahasiaan soal itu hingga pelaksanaan ujian mendatang.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2352 seconds (0.1#10.140)
pixels