Penyelundup imigran gelap ditangkap

Selasa, 22 Oktober 2013 - 09:58 WIB
Penyelundup imigran gelap ditangkap
Penyelundup imigran gelap ditangkap
A A A
Sindonews.com - Setelah tiga bulan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Jawa Barat, Iwan Hermawan (38) dan Hadiman (35) akhirnya ditangkap oleh Subdit III (Jatanras) Ditreskrimum Polda Jawa Barat.

Dua orang itu merupakan fasilitator yang membantu menyelundupkan imigran asal Myanmar, Irak, dan Iran untuk mencari suaka ke Pulau Christmas, Australia. Ia memfasilitasi para imigran dengan menyediakan alat transportasi darat dan laut.

Imigran yang difasilitasi oleh dua orang itu justru tewas setelah diterjang ombak di Cianjur dan Garut beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan keduanya ditangkap di tempat persembunyiannya pada Jumat (18/10/2013) di Kampung Ciloto, Desa Jemplak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Sebelum melakukan pengejaran pelaku, Polda Jawa Barat membentuk tim dan membuat pemetaan pelarian DPO. Untuk melacak keberadaan mereka, Mabes Polri dilibatkan untuk melacak handphone para tersangka.

"Kami akhirnya bisa melacak komunikasi para tersangka dan melakukan penangkapan," ujar Martinus di Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/10/2013).

Berdasarkan pengakuan sementara tersangka, mereka selama ini memfasilitasi para imigran berbagai negara untuk mencari suaka ke Pulau Christmas.

Para imigran itu sempat diinapkan di sejumlah tempat di Jawa Barat sebelum dibawa ke tempat tujuan. Imigran yang terakhir difasilitasi adalah yang mengalami kecelakaan di Cianjur dan Garut. Korban tewas dalam kejadian itu mencapai 30 orang.

Hingga kini, polisi terus memeriksa Iwan dan Hadiman secara intensif.

"Saat ini kedua pelaku masih diperiksa Subdit IV (PPA) Ditreskrimum Polda jabar," pungkas Martinus.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8128 seconds (0.1#10.140)