Terpendam ribuan tahun, 2 candi kuno ditemukan

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 09:47 WIB
Terpendam ribuan tahun,...
Terpendam ribuan tahun, 2 candi kuno ditemukan
A A A
Sindonews.com - Dua candi kuno ditemukan di Pegunungan Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi yang di temukan di puncak bukit dan lereng pegunungan Bukit Pangonan ini diperkirakan sudah berusia ribuan tahun.

Penemuan dua candi kuno itu kontan mengegerkan warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi pertama di temukan warga saat sedang berladang. Bebatuan candi dan situs purbakala ini berada di lereng bukit pangonan yang berada pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut.

Setelah dilakukan penggalian sedalam satu meter, warga menemukan ukuran bebebatuan candi dengan lebar empat meter persegi. Bebatuan yang diperkirakan berusia ribuan tahun ini masih tertata rapi, di bawah lapisan tanah.

"Saya lagi jalan tiba tiba ada batu. Lalu saya gali sedikit bersama lima teman saya, akhirnya ketemu candi," ujar Bejo, warga sekitar yang pertama menemukan candi, kepada wartawan, Jumat (18/10/2013).

Sementara itu, terkait adanya penemuan candi kuno ini, pemerintah Kabupaten Banjarnegara berencana membuka akses jalan untuk wisatawan. Sehingga, selain bisa menikmati Candi Arjuna yang sudah ada, para wisatawan juga bisa melihat penemuan candi kuno lainnya.

"Dieng memang masih menyimpan banyak misteri. Dan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri. Akses jalan ke lokasi penemuan candi itu akan kami buat," terang Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno.

Dengan adanya penemuan candi kuno ini, total candi yang di temukan di wilayah Pegunungan Dieng berjumlah 11 candi. Benda purbakala dan cagar budaya ini, kini dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8003 seconds (0.1#10.140)