Solo & Padang rebutan bantuan bus dari Kemenhub

Rabu, 16 Oktober 2013 - 18:04 WIB
Solo & Padang rebutan bantuan bus dari Kemenhub
Solo & Padang rebutan bantuan bus dari Kemenhub
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Solo, saat ini mengincar bantuan bus yang akan diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Dalam hal ini Pemkot Solo bersaing dengan Pemerintah Kota Padang yang menginginkan bantuan serupa untuk kota mereka.

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad, menyebutkan bantuan bus tersebut bakal dibagikan oleh pemerintah sebagai bentuk apresiasi kepada kota-kota yang mendapatkan Anugrah Wahana Tata Nugraha Kencana.

Akan tetapi tidak semua kota bisa mendapatkan bantuan tersebut karena harus bersaing dengan kota-kota lainnya yang membutuhkan.

Pria yang akrab disapa Herman ini menyebutkan untuk mendapatkan bantuan bus tersebut setiap kota harus melakukan presentasi di hadapan pejabat Kemenhub.

Presentasi itu berisi tentang kegunaan bus dan sistem lalu lintas yang ada di setiap kota yang melakukan presentasi. Ia menuturkan yang menjadi penilaian tertinggi adalah sistem lalu lintas yang diterapkan oleh masing-masing Kota tersebut.

“Kita presentasikan kepada Kemenhub tentang apa yang kita punya dan sistem rekayasa lalu lintas yang kita miliki,” ucapnya, Rabu (16/10/2013).

Menurutnya presentasi tersebut sudah dilakukan pada pekan lalu di salah satu hotel di Solo. Selain Solo ada beberapa kota lain yang ikut melakukan presentasi. Yang menjadi saingan berat Kota Solo menurutnya adalah kota Padang. Ia menyebutkan sistem transportasi di kota tersebut juga dinilai layak selain kota Solo.

Meskipun demikian pihaknya optimis bakal mendapatkan bantuan bus tersebut. Nantinya bantuan bus itu rencananya dipakai untuk menambah armada Batik Solo Trans (BST) di koridor kedua dan ketiga.

Jika bus tersebut bisa didapatkan oleh Solo maka pengoperasian BST hingga koridor empat bisa dipercepat.

“Jumlahnya belum tahu berapa, kalau kabarnya ada 25 bus, kita tunggu saja, semoga datang ke kita. Apalagi sistem transportasi dan sistem lalu lintas kita lebih siap dibandingkan kota-kota lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, anggota Busmania Community, Prasojo, mendukung penuh agar bus tersebut didapatkan oleh Kota Solo. Menurutnya dengan adanya bus itu sistem transportasi masal di kota Solo bakal lebih baik dibandingkan saat ini. Selain itu tidak kalah dengan kota-kota lain yang telah memiliki transportasi masal terlebih dahulu.

“Kalau busnya banyak, kita tidak kalah dengan Jakarta yang memiliki Busway, Jogja yang memiliki Trans Jogja dan Semarang dengan Trans Semarangnya,” ucapnya kepada KORAN SINDO.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7598 seconds (0.1#10.140)