Pengenalan Pancasila melalui PAUD

Rabu, 16 Oktober 2013 - 06:28 WIB
Pengenalan Pancasila melalui PAUD
Pengenalan Pancasila melalui PAUD
A A A
Sindonews.com - Pengenalan tentang Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memang penting dilakukan sejak dini. Menyadari hal ini, Pusat Studi Pancasila UGM menggandeng para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Yogyakarta untuk melakukan pengenalan Pancasila.

"Pelatihan mengenai internalisasi nilai-nilai Pancasila pada anak usia dini harus dilakukan melalui pembelajaran yang menyenangkan. Ini menjadi salah satu upaya kami dalam melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi anak-anak. Karenanya kami menggelar pelatihan bagi guru PAUD untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila pada anak-anak usia dini,” ujar Peneliti Pusat Studi Pancasila dan Pemerhati Pendidikan Anak, Surono, Selasa (15/10/2013).

Surono menuturkan, pelatihan pengenalan dan pemahaman Pancasila bagi guru PAUD tersebut juga merupakan bentuk keprihatinannya pada pembelajaran yang ada di kebanyakan PAUD di Indonesia.

Menurutnya, pembelajaran PAUD saat ini lebih fokus untuk memenuhi target-target kuantitatif-statistik, termasuk di dalamnya keberhasilan pada tingkat ketersediaan anggaran, keberhasilan dalam mendirikan bangunan lembaga PAUD, keberhasilan menambah jumlah lembaga PAUD dan keberhasilan menambah jumlah Angka Partisipasi Kasar.

“Jarang sekali bahkan tidak ada upaya pengenalan sejak dini pemahaman nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.

Salah satu pendongeng internasional Bimo mengatakan, salah satu cara efektif untuk mendidik anak yang bermoral dan berkarakter adalah melalui cerita atau dongeng. Dengan bercerita para guru bisa secara mudah menanamkan nilai-nilai Pancasila.

"Sayangnya, selama ini cerita-cerita dan dongeng yang beredar di Indonesia lebih banyak yang mengajarkan cara berpikir instan dan sering membunuh karakter anak," tuturnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7221 seconds (0.1#10.140)