Cabup Majidun siap bangun Gedung Kesenian

Senin, 14 Oktober 2013 - 19:26 WIB
Cabup Majidun siap bangun...
Cabup Majidun siap bangun Gedung Kesenian
A A A
Sindonews.com – Pasangan Calon Bupati Magelang nomor urut lima, Ahmad Majidun dan Sad Priyo Putro berjanji akan membangun gedung kesenian di Kabupaten Magelang.

Janji tersebut disampaikan dalam kampanye terbuka Pilbup periode 2014-2019 yang dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Paslon yang maju melalui koalisi Partai Demokrat, Hanura, PPRN, dan PBB ini juga menarik simpatik masyarakat dengan merencanakan Borobudur sebagai Ibu Kota Kabupaten Magelang. Selama ini, Ibu Kota kabupaten Magelang masih berada di Mungkid.

Ahmad Majidun mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Magelang sekitar 1.204.974 jiwa yang tersebar di 21 kecamatan, 75 persen diantaranya adalah pelaku kesenian.

“Lebih dari 75 persen penduduk di Kabupaten Magelang adalah seniman. Namun, selama ini, kabupaten yang kaya akan kebudayaan dan kesenian ini belum memiliki gedung kesenian yang laik. Untuk itu, kami berjanji akan membangun gedung kesenian sebagai wadah bagi para seniman,” ujarnya, yang didampingi Wakil Ketua DPP Partai Demokrat, Agus Hermanto dan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Sukawi Sutarip.

Magelang dikenal sebagai wilayah di Jawa Tengah yang masih subur dalam melestarikan sejumlah kesenian dari berbagai lintas disiplin. Di antaranya seni rupa, sastra, serta kesenian rakyat meliputi jathilan, topeng ireng, kubro, dan warak bocah.

“Kita perlu memberikan mereka ruang, karena bagaimanapun kesenian tidak bisa dilepaskan dari Magelang, atau sebaliknya,” lanjut dia.

Pertumbuhan kesenian tersebut juga memiliki sinergitas dengan keberadaan Candi Borobudur. Candi Buddha terbesar itu hanya bernilai sejarah saja jika tidak menyatu dengan kehidupan masyarakat sekitar.

Menurut Majidun, Candi Borobudur harus bisa menjadi ruh Kabupaten Magelang. Baik dari aktivitas ekonomi maupun pelestarian kebudayaan yang ada di masyarakat setempat.

“Magelang itu punya Candi Borobudur. Jika keberadaan candi ini dapat dikelola dengan baik, maka akan bisa menghidupi masyarakat dari sisi ekonomi maupun seni budaya,” paparnya.

Untuk itu, Majidun berjanji, akan menjadikan Kecamatan Borobudur sebagai Ibu Kota Kabupaten Magelang. Selain terkenal, rencana tersebut juga untuk meneguhkan Candi Borobudur itu terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Sebagian kalangan menganggap Candi Borobudur itu masuk di wilayah Yogyakarta. Nah, untuk itu perlu ada gerakan yang lebih mengenalkan Borobudur sekaligus Magelang dengan beragam kekayaannya,” imbuhnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, Sukawi Sutarip menyampaikan, Paslon Ahmad Majidun dan Sad Priyo Putro ini memiliki track record yang bagus. Dia juga mengklaim keduanya telah teruji dalam segala aspek.

“Tidak perlu ragu, kami mengajak simpatisan untuk memilih sekaligus mensosialisasikan kepada teman, kerabat, keluarga untuk memilih nomor urut lima ini,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPP Partai Demokrat, Agus Hermanto mengajak simpatisan untuk mensukseskan paslon Maspri. Ia mengatakan perintah untuk mensukseskan paslon ini berasal dari Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudoyono.

“Pak SBY menyampaikan amanah kepada kami, dan kami sampaikan pada kalian untuk mensukseskan Pilbup. Ini amanah dan harus didukung,” tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2178 seconds (0.1#10.140)