Hari ini, jemaah An-Nadzir rayakan Idul Adha

Senin, 14 Oktober 2013 - 10:03 WIB
Hari ini, jemaah An-Nadzir...
Hari ini, jemaah An-Nadzir rayakan Idul Adha
A A A
Sindonews.com - Hari ini, ratusan jemaah An-Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) memperingati Hari Raya Idul Adha 1434 hijriah. Mereka juga telah melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah, di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Dipilihnya peringatan Hari Raya Idul Adha hari ini, karena diyakini bahwa hari ini telah masuk 10 Zulhijah 1434 Hijriah. Penetapan 10 Zulhijah tersebut berdasarkan hasil pemantauan perjalanan bulan serta tanda-tanda alam, yakni terjadinya air pasang di laut.

Meski demikian, jemaah An-Nadzir melaksanakan salat Idul Adha lebih awal dari jemaah haji yang akan melakukan wukuf di Padang Arafah. Menurut mereka, hal itu tidak masalah. Karena danya perbedaan waktu antara di Arab dengan di Indonesia.

Untuk di Indonesia, mereka menyakini jika hari ini telah masuk 10 Zulhijah dan sudah waktunya melaksanakan salat Idul Adha. Usai mendengatkan kutbah Idul Adha, ratusan jemaah An-Nadzir berkumpul dan saling bersalaman.

Sementara itu, pemerintah baru menetapkan Hari Raya Idul Adha besok, Selasa 15 Oktober 2013. Dengan begitu, sudah ada dua tarekat yang merayakan Idul Adha lebih dahulu dari yang ditetapkan pemerintah.

Sehari sebelumnya, Tarekat Naqsabandiyah, di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, yang merayakan Idul Adha lebih cepat.

Pengurus Naqsabandiyah Pauh, Padang, Edizon Revindo mengatakan, cara menentukan Idul Adha tahun ini adalah menghitung selama 100 hari yang di mulai awal puasa tahun ini, pada 7 Juli 2013. Hasil penghitungan itu, Idul Adha jatuh pada 13 Oktober 2013.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3767 seconds (0.1#10.140)