Pemkot Samarinda tanggung biaya berobat penderita kanker

Senin, 07 Oktober 2013 - 14:41 WIB
Pemkot Samarinda tanggung biaya berobat penderita kanker
Pemkot Samarinda tanggung biaya berobat penderita kanker
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Samarinda berjanji akan menanggung biaya pengobatan Muhammad Dwi Effendi (17), penderita kanker tulang, di Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Jawa, Samarinda.

Janji itu diungkapkan Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan saat membesuk Dwi, di rumahnya. Saat itu, dia mengatakan, meski harus dirujuk ke Surabaya, pihaknya akan menanggung biaya pengobatan pemegang kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kota Samarinda itu.

Kepala UPTD Jamkesda dr Syarifah Rahimah memastikan, jaminan kesehatan gratis yang diusahakan Pemkot Samarinda kali ini bukan yang pertama. Sebelumnya juga ada pasien kurang mampu yang dibantu pemerintah.

“Sudah ada beberapa pasien warga Samarinda yang pernah dirujuk untuk berobat di luar daerah, seperti untuk kasus kanker dan kelainan bawaan,” ujar Syarifah, kepada wartawan, Senin (7/10/2013).

Ditambahkan dia, tindakan itu diambil sebagai wujud perhatian pemerintah daerah kepada warganya.

”Kita harapkan yang bersangkutan mau untuk dirawat secara intens di rumah sakit, sebelum dirujuk untuk berobat di luar daerah. Karena semuanya ditanggung Jamkesda,” kata Nusyirwan.

Sementara itu, Nusyirwan mengakui kanker tulang pada umumnya penyakit yang sangat jarang diderita oleh masyarakat Samarinda. “Sepanjang ada advis dari dokter terhadap pasien yang memang harus dirujuk untuk mendapat perawatan di rumah sakit luar daerah kita siap membantu,” sebutnya.

Bahkan, jika ada yang tidak ditanggung Jamkesda, Pemkot Samarinda juga siap membantu Efendi melalui jalur lain. Bisa dalam bentuk bantuan dari Pemkot Samarinda, maupun bantuan langsung secara pribadi oleh pejabat maupun masyarakat luas.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4852 seconds (0.1#10.140)