Samarinda miliki mobil penyedot lumpur

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 14:46 WIB
Samarinda miliki mobil penyedot lumpur
Samarinda miliki mobil penyedot lumpur
A A A
Sindonews.com - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memiliki mobil penyedot lumpur. Dengan adanya mobil tersebut, diharapkan banjir yang kerap terjadi di kawasan itu dapat teratasi.

“Mobil ini difungsikan untuk mengendalikan banjir yang kerap terjadi di kota ini. Selama ini pengerukan sediminetasi dilakukan secara manual, sehingga kadang kurang efektif,” ujar Wali Kota Samarinda Syarie Jaang, kepada wartawan, Jumat (4/10/2013).

Ditambahkan dia, Dinas Bina Marga dan Pengairan akan segera mengoperasikan tiga unit mobil penyedot lumpur yang saat ini sudah terparkir di salah satu sudut halaman Balai Kota Samairnda.

"Sedimentasi di sejumlah drainase di Kota Samarinda merupakan salah satu penyebab seringnya banjir. Apalagi jika hujan deras turun, beberapa kawasan langsung terendam banjir hingga waktu yang lama," terangnya.

Pengadaan tiga unit mobil penyedot lumpur ini menggunakan dana dari APBD Kota Samarinda. Sejauh ini, baru dua unit yang sudah datang. Satu unit lagi rencananya bulan depan akan segera datang.

“Yang sudah diterima ini jenis jetting dan vakum yang berfungsi sebagai penyemprot atau pengurai sedimentasi dan penyedot. Sedangkan untuk jenis combi yang merupakan paduan fungsi kedua mobil sebelumnya akan menyusul bulan depan,” ungkapnya.

Rencananya, mobil penyedot lumpur ini akan diujicobakan terlebih dahulu. Beberapa kawasan dengan sediminetasi tinggi akan jadi lokasi uji coba.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6803 seconds (0.1#10.140)