Warga temukan mortir di Sungai Progo

Rabu, 02 Oktober 2013 - 16:50 WIB
Warga temukan mortir di Sungai Progo
Warga temukan mortir di Sungai Progo
A A A
Sindonews.com – Sebuah mortir ditemukan oleh warga Kampung Meteseh Jayengan RT 3 RW 12, Kelurahan magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Himawan Setyawan (37) di sungai.

Mortir yang diduga peninggalan zaman perang itu ditemukan saat Himawan hendak memancing di Sungai Progo yang terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dengan Kota Magelang, sekitar pukul 8.30 WIB.

Penemuan tersebut kemudian dilaporkan kepada anggota Koramil 01 Magelang yang saat itu tengah melakukan kerja bakti tak jauh dari lokasi. Upaya itu dilakukan karena dia khawatir benda mencurigakan tersebut merupakan benda yang berbahaya yang bisa meledak.

“Kebetulan ada anggota Koramil yang sedang kerja bakti di sana, langsung saya serahkan kepada salah satu anggotanya,” kata Himawan, Rabu (2/10/2013).

Saat itu, lanjut Himawan dia melihat ada benda berbentuk tabung berada di dasar sungai.

“Saya langsung mengambilnya karena penasaran, kebetulan saat itu sungainya juga dangkal. Ternyata bentuknya sepereti senjata,” ucapnya.

Sementara Perwira Seksi Intelijen Kodim 0705/ Magelang, Kapten (Inf) Subagyo, membenarkan penemuan mortir yang diduga peninggalan perang tersebut. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan jenis maupun tahun pembuatan mortir itu.

“Mortir ditemukan sekitar pukul 8.30 pagi tadi. Anggota Koramil 01 Magelang Tengah yang menerima mortir dari Himawan, yakni Serda Mujiyono, langsung membawanya ke Kodim,” ujar Subagyo.

Subagyo menjelaskan mortir yang ditemukan Himawan mempunyai berat sekitar 5kg panjang 30 cm dan berdiameter 7,5 cm. Saat ditemukan, mortir dalam kondisi sudah berkarat, namun tidak dapat diketahui tahun pembuatan maupun pabrik pembuatnya, karena nomor Lot telah rusak dan tidak dapat dibaca lagi.

“Untuk keamanan atas penemuan benda tersebut, kami menyerahkan mortir itu untuk diamankan di kesatuan Gudang Amunisi Daerah ( Gudmurah),” tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8864 seconds (0.1#10.140)