Wagub Jabar: Giatkan penelitian Gunung Padang

Rabu, 02 Oktober 2013 - 10:49 WIB
Wagub Jabar: Giatkan penelitian Gunung Padang
Wagub Jabar: Giatkan penelitian Gunung Padang
A A A
Sindonews.com - Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur perlu dibenahi lebih serius. Itu demi menunjang keberadaan Gunung Padang sebagai salah satu objek wisata di Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, penelitian di Gunung Padang juga harus lebih digiatkan. Selain penelitian dari aspek sejarah, juga dibutuhkan penelitian yang komprehensif dalam manajemen, pengaturan pengunjung, serta dukungan publikasi melalui leaflet bagi pengunjung.

"Penelitian harus terus dilakukan agar dapat diketahui bentuk asli situs Gunung Padang seperti apa, dulu situs ini digunakan untuk apa, areanya seluas apa," kata Deddy, kepada wartawan, Rabu (2/10/2013).

Dia berharap, nantinya ada website khusus yang memuat hasil penelitian itu. "Ini agar masyarakat luas dapat mengetahui informasinya melalui internet," ungkapnya.

Deddy bahkan mendorong agar dilakukan perluasan wilayah dan pembebasan lahan untuk pengembangan Gunung Padang sebagai kawasan wisata sejarah. Dia juga mendorong adanya masterplan penataaan Gunung Padang.

Selain itu, Deddy juga menyarankan agar fasilitas dan sarana-prasarana pendukung juga diperhatikan. Salah satunya dengan mendirikan pos kesehatan di lokasi.

"Itu sebagai antisipasi jika ada pengunjung yang naik ke Gunung Padang tiba-tiba sakit, sehingga harus dirancang adanya pos kesehatan atau puskesmas yang dilengkapi dokter jaga," tandas Deddy.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4508 seconds (0.1#10.140)