Berkurban? Waspadai cacing hati

Selasa, 01 Oktober 2013 - 03:00 WIB
Berkurban? Waspadai cacing hati
Berkurban? Waspadai cacing hati
A A A
Sindonews.com - Serangan penyakit cacing hati menjadi perhatian serius dinas peternakan Kabupaten Blitar terhadap hewan yang disiapkan untuk ritual hari raya kurban (Idul Adha).

Untuk mengantisipasi hal itu, dinas peternakan akan menempatkan 248 petugas di 248 desa dan kelurahan di Kabupaten Blitar.

"Setiap desa dan kelurahan akan diawasi oleh satu orang petugas," ujar Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Blitar Mashudi kepada wartawan, Senin (30/9/2013).

Mengingat kuantitas hewan kurban di setiap desa cukup besar, Mashudi mengakui penempatan seorang petugas belum maksimal. Untuk melengkapi pengawasan, dinas juga mensosialisasikan ke warga untuk selektif memilih sapi untuk korban.

"Secara fisik, hewan yang terjangkit cacing hati terlihat tidak sehat. Biasanya matanya relatif sayu dan bulunya mudah rontok," terangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, penyakit cacing hati berpotensi pada sapi yang ditangkar di lahan basah termasuk yang kerap mengkonsumsi jerami.

Mengacu empiris tersebut, sapi yang mendapat makan rumput dari hutan dengan tingkat kebasahan rendah relatif lebih sehat. Sapi dari wilayah kering seperti Cepu (Jawa Tengah) dan Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur) misalnya, berpotensi rendah terjangkit cacing hati.

Kepala Bidang Kesmavet Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Wasis Gunawan menambahkan bahwa pemantauan itu akan berlangsung H-3 hingga H+3 hari raya kurban.

"Kami juga meminta warga masyarakat untuk jeli memilih daging sapi di pasaran. Sebab dalam hal ini yang kita utamakan adalah kesehatan," tambahnya.

Wasis mengaku hingga saat ini belum bisa merilis data berapa jumlah hewan di Kabupaten Blitar yang akan menjadi kurban dalam perayaan Hari Raya Idul Adha mendatang.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan di tiap desa. Karenanya belum diketahui pasti berapa jumlahnya," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8463 seconds (0.1#10.140)