Fasilitas pendukung objek Wisata di Toraja masih minim

Minggu, 29 September 2013 - 14:20 WIB
Fasilitas pendukung objek Wisata di Toraja masih minim
Fasilitas pendukung objek Wisata di Toraja masih minim
A A A
Sindonews.com - Objek wisata yang menjadi andalan pariwisata Toraja butuh peningkatan sarana dan prasarana pendukung yang memadai.

“Objek wisata salah satu andalan pariwisata Toraja. Sayangnya, sarana dan prasarana penunjang hampir di semua objek wisata di Toraja masih minim,” ujar Sekretaris Fraksi Sulsel Bersatu DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Paulus Tandiongan saat melakukan kunjungan kerja di Toraja, Minggu (29/2013).

Dia mengatakan, akses jalan menuju objek wisata baik yang ada di Tana Toraja maupun di Toraja Utara banyak yang rusak berat sehingga jarak tempuh untuk sampai ke kawasan objek wisata lebih lama.

Tidak hanya jalan menuju objek wisata yang banyak rusak. Hampir semua objek wisata di Toraja juga tidak didukung dengan fasilitas umum lainnya. Seperti toilet standar dan bersih.

Minimnya sarana dan prasarana pendukung di kawasan objek wisata membuat wisatawan yang datang berkunjung merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan tersebut bisa berdampak menurunnya jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata.

Menurunnya jumlah kunjungan wisatawan di satu objek wisata akan berdampak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata juga menurun.

“Wisatawan tidak hanya sekadar mengunjungi objek wisata tetapi mereka juga membutuhkan fasilitas pendukung yang bisa membuat mereka merasa nyaman selama berada di objek wisata,” ujar calon anggota DPRD Provinsi Sulsel Dapil Toraja dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu.

Paulus mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana pendukung objek wisata tersebut harus menjadi prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja dan Toraja Utara.

Jalan yang rusak menuju objek wisata perlu diperbaiki. Begitu juga fasilitas toilet yang standar dan bersih harus ada di setiap objek wisata.

Untuk itu perlu ada kerja sama yang baik antara pemerintah dan pengelolah objek wisata untuk peningkatan pelayanan kepada wisatawan.

Diakuinya, sebagian besar objek wisata di Toraja dikelola swasta baik yayasan maupun keluarga. Sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) di DPRD Provinsi Sulsel, dirinya akan memperjuangkan alokasi anggaran untuk peningkatan sektor pariwisata Toraja.

Diyakininya, jika semua objek wisata didukung dengan sarana dan parasarana yang memadai akan berdampak positif terhadap pengembangan pariwisata Toraja.

Objek wisata yang didukung akses jalan yang bagus dan ditunjang dengan fasilitas umum yang memadai akan ramai dikunjungi wisatawan. Semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung, PAD juga akan meningkat.

“Saya optimistis, jika semua wisatawan mendapat kesan yang baik selama berkunjung ke Toraja, perkembangan pariwisata Toraja akan lebih baik ke depan,” optimistis Paulus.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tana Toraja, Jidon Sitohang menyatakan pembangunan jalan menuju objek wisata dan peningkatan sarana dan prasarana pendukung di objek wisata terus menjadi prioritas Pemkab Tana Toraja.

“Secara bertahap, peningkatan jalan dan sarana pendukung di objek wisata terus dilakukan sesuai dengan anggaran yang tersedia,” tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8684 seconds (0.1#10.140)