Kampanye bahasa isyarat di hari tuli sedunia

Minggu, 29 September 2013 - 13:03 WIB
Kampanye bahasa isyarat di hari tuli sedunia
Kampanye bahasa isyarat di hari tuli sedunia
A A A
Sindonews.com - Puluhan penyandang tuna rungu menggelar aksi simpatik untuk memperingati hari tuli sedunia 29 September.

Aksi mereka mendapat perhatian dari ribuan orang yang sedang menikmati Solo car free day di jalan utama kota Solo, Jawa Tengah.

Aksi para penyandang tuna rungu ini sekaligus untuk mengampanyekan penggunaan bahasa isyarat agar tak lagi terjadi diskriminasi dalam berkomunikasi bagi mereka / para penyandang tuna rungu.

Menurut Ketua Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Solo Muhammad, selama ini mereka belum sepenuhnya memperoleh fasilitas kemudahan komunikasi terkait keadaan
fisik mereka.

"Ini kegiatan dalam memperingati hari tuli sedunia, sekaligus mengampanyekan bahasa isyarat,"tutur Muhammad yang diterjemahkan Yudi Aditya, Minggu (29/9/2013).

Dalam aksi simpatik itu mereka mempertontonkan bagaimana cara mereka berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, baik itu menggunakan jari tangan maupun gerak tubuh dan mimik muka. Tak ayal lagi aksi mereka pun menjadi pusat perhatian.

Yudi manambahkan, sudah saatnya seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah memperhatikan lagi kebutuhan para penyandang tuna rungu dalam pemenuhan kebutuhan informasi dan komunikas.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9228 seconds (0.1#10.140)