Protes, siswa SMK PGRI I Sentolo mogok sekolah

Kamis, 26 September 2013 - 14:57 WIB
Protes, siswa SMK PGRI I Sentolo mogok sekolah
Protes, siswa SMK PGRI I Sentolo mogok sekolah
A A A
Sindonews.com - Kasus pendidikan yang melibatkan peserta didik, kembali muncul di Kabupaten Kulonprogo. Setelah kasus pengunduran 15 guru di SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia (CSI), kini giliran SMK PGRI I Sentolo.

Siang tadi sebanyak 98 siswa kelas XII melakukan mogok sekolah. Informasi yang beredar kasus ini dilatarbelakangi tidak transparansinya pengelolaan keuangan.

Aksi protes ini dilakukan para siswa dari empat kelas jurusan Administrasi Perkantoran dan akuntansi. Sejak pagi para siswa ini sengaja tidak datang ke sekolah untuk mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Akibatnya proses KBM di sekolah yang terletak di Jalan Sentolo km18 Kulonprogo ini hanya dilakukan untuk siswa kelas XI dan X.

“Tadi hanya ada satu siswa yang masuk, karena yang lain tidak berangkat dia ikut pulang,” jelas wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana Sunardi.

Menurutnya, pihak sekolah tidak tahu persis permasalahan apa yang terjadi sehingga membuat anak-anak ini mogok sekolah. Sebelumnya juga tidak ada tanda-tanda dan kabar permasalahan yang muncul. Pihak sekolah sendiri kaget karena tidak ada siswa yang masuk di pagi hari.

“Pada Rabu saya sampai sore mengurusi pergantian OSIS tetapi tidak ada apa-apa,” jelasnya.

Kepala SMK PGRI I Sentolo, Nuraini Sulistyowati, terlihat cukup terpukul dengan aksi para siswa. Sebab saat terjadi aksi bersamaan dengan kedatangan pengawasan untuk melakukan kontrol dari Dinas Pendidikan Kulonprogo.

“Ini surprises bagi kami, karena sebelumnya tidak ada apa-apa,” kilahnya.

Atas kasus ini pihak sekolah akan mengundang komite sekolah dan para wali siswa. Mereka akan diajak berembug pada Minggu (29/9) mendatang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6558 seconds (0.1#10.140)