Ridwan Kamil diminta buat Dewan Kota

Selasa, 17 September 2013 - 11:31 WIB
Ridwan Kamil diminta...
Ridwan Kamil diminta buat Dewan Kota
A A A
Sindonews.com - Mengawali masa jabatannya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil diminta segera membuat Dewan Kota. Tujuannya, untuk mengawasi sekaligus membantu kinerja wali kota dalam membuat kebijakan dalam perpektif warga kota.

"Dewan kota ini bukan DPRD tapi kumpulan orang yang peduli tentang kotanya. Isinya para pakar, budayawan dan para stake holder yang rela memberikan pemikirannya untuk kemajuan kota," ujar Ketua Badan Musyawarah Sunda Syarif Bastaman, di di Dago Panyawangan, Jalan Ir Juanda, Selasa (17/9/13).

Dikatakan Syarif, dewan kota merupakan badan terstruktur yang dibuat pemerintah kota untuk membantu mengumpulkan aspirasi warga. Selain itu, dewan kota berfungsi memberi masukan langsung kepada wali kota berdasarkan aspirasi warga.

Nantinya, kata Syarif, dewan kota ini berisi tokoh yang memiliki kompeten memberikan masukan kepada pemerintah kota. Sekalipun ditunjuk dan dibuat langsung oleh wali kota, tapi tidak menginduk pada pemerintah.

"Meskipun dibuat oleh wali kota, atasan dewan kota bukan wali kota. Tapi warga kota. Jadi jika ada kebijakan yang bermasalah, otomatis dewan kota akan melancarkan kritik pada pemerintah kota," tuturnya.

Lanjut Syarif, wacana ini sudah diketahui Ridwan Kamil. Wali kota yang kemarin baru dilantik ini pun, mengaku siap merealisasikannya. "Saya kemarin sudah ngobrol dengan Pak Ridwan, katanya sudah iya dan dia setuju," tambah Syarif.

"Saya lihat ini tidak akan sulit, tinggal wali kota membuat perdanya," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9835 seconds (0.1#10.140)