60 hektare tanaman padi di Banjarnegara mati

Selasa, 17 September 2013 - 10:52 WIB
60 hektare tanaman padi di Banjarnegara mati
60 hektare tanaman padi di Banjarnegara mati
A A A
Sindonews.com - Akibat kekurangan air dan saluran irigasi mengering, sekira 60 hektare tanaman padi di Banjarnegara, Jawa Tengah mati. Petani pun merugi hingga ratusan juta rupiah.

Tanaman padi itu berada di Desa Jalatunda, Banjarnegara. Kemarau yang melanda sejak tiga bulan terakhir, membuat saluran irigasi yang mengaliri sawah warga mengering dan tak bisa digunakan.

Sebanyak 365 petak sawah milik warga yang berisi padi yang baru berusia 40 hari mengalami retak-retak. Sementara tanaman padi muda pun terlihat mulai mengering dan mati. Tak hanya tanaman padi yang telah ditanam, ribuan bibit penyemaian padi milik petani juga mati akibat sawah mengering.

"Kondisi kekerigan sudah sangat parah di desa ini, tanaman ada 60 ha yang mati. Padahal baru berusia 40 hari, belum lagi ribuan bibit padi yang rencananya akan ditanam petani juga mati kekeringan," ujar Kades Jalatunda Satam, kepada wartawan, Selasa (17/9/2103).

Upaya penyiraman, sebelumnya telah dilakukan warga menggunakan mesin pompa. Namun karena biayanya cukup mahal, petani saat ini tak sanggup lagi dan memilih membiarkan tanaman padi mereka mati ketimbang harus menanggung kerugian lebih besar untuk pengoperasian disel pompa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7701 seconds (0.1#10.140)