Calhaj Tana Toraja berangkat 7 Oktober

Jum'at, 13 September 2013 - 22:23 WIB
Calhaj Tana Toraja berangkat 7 Oktober
Calhaj Tana Toraja berangkat 7 Oktober
A A A
Sindonews.com - Jemaah calon haji asal Kabupaten Tana Toraja dijadwalkan berangkat ke tanah suci 7 Oktober mendatang.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kabupaten Tana Toraja, Albert Salino mengatakan, jumlah jemaah calon haji yang berangkat sebanyak 28 orang.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding 2012 lalu yang berjumlah 33 orang. Seperti kabupaten/kota lainnya, quota calhaj haji juga dikurangi 20 persen.

Calhaj ini nanti tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 30 bersama dengan jemaah asal kota Makassar dan Kabupaten Wajo.

Menurutnya, nanti jemaah akan berangkat dari Kabupaten Tana Toraja menuju asrama haji Sudiang di Makassar 5 Oktober dan masuk asrama haji keesokan harinya 6 Oktorber.

“Sesuai jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji tahun 2013 kantor Kementrian Agama Provinsi Sulsel, jemaah calon haji Tana Toraja akan berangkat pada tanggal 10 Oktober 2013. Mudah-mudahan jadwal ini tidak ada perubahan,” ujar Albert kepada KORAN SINDO di Makale, Jumat (13/9/2013).

Dia mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja akan menyediakan sarana transportasi yang akan mengantar jamaah haji dari Tana Toraja menuju Makassar.

Saat jemaah haji pulang dari tanah suci juga akan disediakan mobil untuk membawa mereka dari Makassar menuju Tana Toraja. Selain itu, para jemaah juga akan didampingi tenaga medis dari Dinas Kesehatan Tana Toraja dan petugas keamanan hingga mereka masuk ke asrama haji Sudiang.

“Sama seperti tahun lalu, Pemkab Tana Toraja menyediakan mobil bagi jemaah haji untuk mengantar mereka dari Tana Toraja ke Makassar,” kata Albert yang juga saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokoler pada Setda Tana Toraja.

Mantan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Tana Toraja itu mengatakan, jemaah sudah mengikuti bimbingan manasik haji baik diselenggarakan di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Hal itu sebagai bekal pengetahuan kepada jamaah calon tentang beribadah haji secara benar dan mandiri. Dia pun berharap kepada para jemaah senantiasa menjaga kesehatan fisik dan rohani sehingga selama menjalankan ibadah haji di tanah suci bisa berjalan lancar.

“Kami berpesan kepada para jamaah calon haji agar tetap menjaga kesehatan demi kelancaran pelaksanaan ibadah haji,” tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6013 seconds (0.1#10.140)