1.186 aparat siap amankan pelantikan Ridwan Kamil

Kamis, 12 September 2013 - 02:10 WIB
1.186 aparat siap amankan pelantikan Ridwan Kamil
1.186 aparat siap amankan pelantikan Ridwan Kamil
A A A
Sindonews.com - Jelang pelantikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakilnya Oded M Danial pada 16 September mendatang, pihak kepolisian telah menyiapkan beberapa strategi pengamanan.

“Pengamanan kita lakukan sejak pukul 04.30 WIB dengan melibatkan 656 personel Polri ditambah TNI 2 SSK (200), Dishub 90 personel, Satpol PP 150, dan dua unit damkar. Jadi total 1.186 personel,” beber Kasubag Dalops Polrestabes Bandung, Kompol Kasmilan, Rabu (11/9/2013).

Sebagai langkah awal, nantinya pagi sebelum pelantikan Tim Jibom Brimob Polda Jabar akan melakukan sterilisasi di seluruh tempat yang akan menjadi tempat pelantikan, yakni Gedung DPRD Kota Bandung dan Balai Kota Bandung.

Usai dilakukan sterilisasi, nantinya tidak ada seorang pun diizinkan masuk kearea pelantikan terkecuali hal itu bersifat mendesak dan hanya boleh dilakukan oleh panitia.

“Itu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diniginkan. Nantinya semua panitia akan diperiksa secara keseluruhan. Untuk pengamanan itu sifatnya terututup dan terbuka,” jelasnya.

Lebih lanjut Kasmilan menerangkan, nantinya penjagaan akan dilakukan dengan system tiga ring. Ring pertama adalah sekitaran luar Gedung DPRD dan Balai Kota Bandung. Sedangakan ring kedua adalah area Gedung DPRD yang akan dijadikan tempat pelantikan.

“Seluruh tamu yang akana masuk ke ring dua nanti diperiksa. Tamu perempuan oleh polwan, dan yang pria oleh petugas Pam Obvit,” ucapnya.

Sedangkan di ring ketiga, atau di ruang tempat pelantikan atau tempat ruang sidang paripurna akan ditempatkan personel polisi berpakaian preman. Hal itu dilakukan agar tidak ada kesan ‘mencekam’.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi, pihaknya pun telah menyiapkan dua unit mobil pemadam kebakaran, ambulan, dan kendaraan rantis yang siap digunakan dalam keadaan mendesak.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5840 seconds (0.1#10.140)