Jabar siap jika dipilih jadi Ibu Kota Negara

Rabu, 11 September 2013 - 18:03 WIB
Jabar siap jika dipilih jadi Ibu Kota Negara
Jabar siap jika dipilih jadi Ibu Kota Negara
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), menyambut baik wacana pemindahan ibu kota negara. Bahkan ia menyatakan kesiapannya jika ibu kota negara pindah ke salah satu kabupaten atau kota di Jawa Barat.

Menurutnya, kawasan terdekat untuk memindahkan ibu kota negara adalah antara Banten atau Jawa Barat. Dari sisi lokasi, Jakarta dengan Banten atau Jawa Barat tidak terlalu jauh.

"Kalau ternyata pilihan baru dari ibu kota itu (salah satu daerah) di Jawa Barat, Jawa Barat 100 persen siap," kata Aher di Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/9/2013).

Banyak lokasi di Jawa Barat yang memungkinkan untuk dijadikan ibu kota negara. Tapi ia ogah menyebut daerah mana saja yang dimaksudnya.

"Enggak usah disebutin dulu. Nanti kalau disebutin, disetujui, nanti harga tanahnya malah mahal lagi," ungkapnya.

Yang terpenting, lanjut Aher, Jawa Barat akan sanga terbuka jika salah satu daerahnya jadi ibu kota negara.

"Saya kira banyak (daerah) alternatif (untuk jadi ibu kota negara). Enggak usah saya sebut di mana, yang penting Jawa Barat siap," tandas Aher.

Wacana pemindahan ibu kota diutarakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai melakukan kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan.

Di sana SBY mengamati kesuksesan pemindahan ibu kota yang dilakukan Kazakhstan dari Almaty menjadi Astana sejak 1997. Keberhasilan itu terlihat dengan adanya kemajuan yang sangat signifikan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0164 seconds (0.1#10.140)