Pelayanan kurang, buruh Maspion demo Jamsotek

Selasa, 10 September 2013 - 18:01 WIB
Pelayanan kurang, buruh Maspion demo Jamsotek
Pelayanan kurang, buruh Maspion demo Jamsotek
A A A
Sindonews.com - Ratusan pekerja PT Maspion mendatangi Kantor Cabang Jamsostek Sidoarjo, Jawa Timur, di Ruko Taman Pinang Indah. Mereka menuntut agar Jamsostek profesional dalam memberikan pelayanan kesehatan buruh.

Pendemo yang jumlahnya sekira 100 orang itu, memprotes jaminan kesehatan yang diberikan Jamsostek karena tidak merespon cepat. Hal ini menyebabkan salah satu pekerja PT Maspion yang mengalami kecelakaan kerja, tidak ditangani oleh pihak rumah sakit.

Sudiono, salah satu koordinator aksi mengatakan Jamsostek jangan membiarkan pengguna kartu ini yang berobat di rumah sakit sampai sekarat tanpa ada penanganan. Selain itu, dia juga menyayangkan, permasalahan atau konflik yang terjadi antara perusahaan dengan pihak Jamsostek.

Pasalnya, konflik antara perusahaan dan Jamsostek berimbas tidak dilayaninya peserta Jamsostek aaat berobat ke rumah sakit. "Kita sudah ikut program Jamsostek, tapi kami kecewa dengan pelayanan yang diberikan selama ini," terang Sudiono, di Sidoarjo, Selasa (10/9/2013).

Buruh yang membawa beberapa spanduk kemudian mengepung kantor Jamsostek dan mendapat pengawalan cukup ketat dari Polres Sidoarjo. Perwakilan buruh kemudian ditemui oleh managemen Jamsostek untuk membahas keluhan yang hendak disampaikan.

Kepada buruh, Kepala Cabang PT Jamsostek Sisoarjo, Aleng P mengaku akan meningkatkan pelayanan dan tidak akan membawa konflik Jamsostek dengan perusahaan terhadap pelayanan kesehatan pada pekerja. "Kami janji akan tetap memberikan pelayanan terbaik untuk klien Jamsostek dan pelayanan akan kami tingkatkan," ujarnya.

Aleng kemudian menjelaskan,sesuai dengan undang-undang jaminan kesehatan untuk kecelakaan kerja sebesar Rp20 juta. Jika biaya pengobatan diatas plafon itu, maka perusahaan pekerja sendiri yang menanggung biayanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3539 seconds (0.1#10.140)