Lahan kering ditanami semangka

Jum'at, 06 September 2013 - 11:03 WIB
Lahan kering ditanami semangka
Lahan kering ditanami semangka
A A A
Sindonews.com - Musim kemarau selalu menjadi masalah dalam pertanian. Minimnya air membuat banyak areal perwawahan tidak bisa ditanamani padi.

Namun kebanyakan petani di Desa Kudu, Kecamatan Baki Sukoharjo menanami sawahnya dengan buah semangka.

Seperti dilakukan salah seorang petani bernama Joko. Sejak satu bulan memasuki musim kemarau Joko dan teman-temannya menanami sawah miliknya dengan buah semangka. Sawahnya yang berada di areal dataran tinggi sulit untuk mendapatkan air.

"Menanam semangka di musim kemarau lebih menguntungkan dibandingkan dengan tanaman padi, sebab semangka tidak membutuhkan banyak air seperti padi yang harus selalu basah," tutur Joko, Jumat (6/9/2013).

Menanam semangka dalam jangka waktu dua bulan saja sudah bisa dipetik hasilnya. Berbeda dengan tanaman padi dalam satu tahun hanya bisa panen dua atau tiga kali dengan resiko serangan hama wereng dan tikus di masa panen.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Remaja Paryono mengatakan, sejak awal Agustus lalu petani kesulitan mendapatkan air. Untuk memenuhi kebutuhan air pihaknya membaginya secara berkala seminggu sekali bergiliran.

Kemudian, banyak petani memilih menanam semangka untuk sementara musim kemarau ini.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7754 seconds (0.1#10.140)