Hitung cepat, M Wardan-Rosman unggul

Rabu, 04 September 2013 - 20:56 WIB
Hitung cepat, M Wardan-Rosman unggul
Hitung cepat, M Wardan-Rosman unggul
A A A
Sindonews.com - Lembaga Survei Indo Barometer menyatakan pasangan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, di Provinsi Riau, dimenangkan pasangan M. Wardan-Rosman Malomo, dengan perolehan suara tertinggi, mencapai 36,49 persen.

"Perolehan suara terbesar menunjukkan M.Wardan – Rosman Malomo menang dalam pemilukada Kabupaten Indragiri Hilir menurut quick count Indo Barometer," ujar Direktur Indo Barometer M. Qodari, dalam rilis yang diterima Sindonews, Rabu (4/9/2013).

Ditambahkan dia, raihan suara pasangan itu melewati raihan suara pasangan lainnya. Yakni Edy Syafwannur–Agus Salim 28,41 persen, Syamsuddin Uti-Muslimin 27,01 persen, dan Zainal Abidin-Said Ismail 8,08 persen.

"Kemenangan M. Wardan–Rosman Malomo, didukung oleh Partai Golkar, PDIP, PKS, dan PAN. Mesin politik partai-partai pendukung pasangan ini cukup efektif," tambahnya.

Dijelaskan, kemenangan itu tidak terlepas dari mengakarnya figur M. Wardan yang pernah menjabat sebagai kepala dinas di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Partisipasi pemilih di Pilkada Indragiri Hilir cukup baik. Angka partisipasi pemilih di kawasan itu di atas rata-rata angka partisipasi pemilih pada pemilukada beberapa daerah, terutama pemilukada di daerah perkotaan," ungkapnya.

Berdasarkan data Indo Barometer, partisipasi pemilih di Pilkada Kabupaten Indragiri Hilir adalah suara sah 60,20 persen, suara tak sah atau rusak 4,16 persen, dan suara tidak datang 35,65 persen.

"Kendati M.Wardan–Rosman Malomo unggul menurut versi quick count, namun keputusan akhir tetap di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir," tandasnya.

Diterangkan dia, quick count dilaksanakan di 200 TPS sebagai sampel, dari 1.559 TPS yang tersebar di 20 kecamatan, di Kabupaten Indragiri Hilir, dengan total pemilih 491.747 yang terdaftar di DPT.

"Quick count menggunakan metode multi stage random sampling, yaitu metode acak bertingkat dengan mengambil sampel di seluruh kabupaten/kota di Kabupaten Indragiri Hilir," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6350 seconds (0.1#10.140)