Jamaah haji Kulonprogo didominasi PNS

Rabu, 04 September 2013 - 18:24 WIB
Jamaah haji Kulonprogo didominasi PNS
Jamaah haji Kulonprogo didominasi PNS
A A A
Sindonews.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, serta pegawai BUMD, mendominasi daftar calon haji asal Kulonprogo. Dari 265 calon haji yang akan berangkat tahun ini, 96 diantaranya berasal dari kalangan itu.

Sisanya, berasal dari kalangan pensiunan dengan jumlah 86 orang, dan pihak swasta, ibu rumah tangga, petani dan mahasiswi.

Caloh haji mahasiswi asal Sukoreno, Sentolo Muslichah Albab (23), sekaligus menjadi calhaj paling muda. Sementara Sumaardi Darso Atmojo (80), asal Bunder, Pedukuhan IV, Banaran, Galur jadi calhaj paling tua.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo Edhi Gunawan mengatakan, total calhaj Kulonprogo mencapai 294 orang. Namun pemotongan kuota 20 persen membuat jumlah calhaj berkurang menjadi 265 orang. Dari jumlah itu, 137 laki-laki dan 128 perempuan.

“Calhaj Kulonprogo masuk dalam kloter 27 SOC. Rencana berangkat 19 September, dan kembali ke tanah air 31 Oktober. Calhaj kita bergabung dengan calhaj dari Cilacap, dan Kebumen Jawa Tengah,” kata Edhi, saat pamitan calhaj di Gedung Kaca, Rabu (4/9/2013).

Bupati Kulonprogo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Riyadi Sunarto mengatakan, bekal utama ibadah haji adalah taqwa. Ibadah haji tanpa menyelami nilai-nilai haji hanya akan menjadi sebuah tamasya belaka.

Sebaliknya, bila mampu menghayati maka akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. “Marilah kita doakan. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu mendapatkan rahmat, nikmat, dan hidayah dari Allah SWT," terangnya.

Sedangkan calon haji yang berangkat, selalu diberi kesehatan dan kekuatan serta dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar dan selamat, kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3577 seconds (0.1#10.140)